Jumat, 14 Juni 2024

Diikuti 52 Stand Produk Unggulan Pesantren, Gubernur Khofifah Buka OPOP Ekspo 2023

Diunggah pada : 9 November 2023 22:33:15 52
Gubernur Khofifah Indar Parawansa didampingi Dinkop dan UMKM, Ketua Dekranasda, Dirut Bank Jatim saat membuka OPOP Ekspo 2023. (Yanu)

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa membuka kegiatan One Pesantren One Product (OPOP) Expo yang diselenggarakan Masjid Nasional Al - Akbar Surabaya, Kamis (9/11/2023) malam.

Dimana pembukaan OPOP Expo 2023 ini ditandai dengan penekanan tombol Oleh Gubernur Khofifah yang Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bacshin Dardak, Dirut Bank Jatim, Busrul Iman, dan Dinas Koperasi dan UMKM Jatim.

"Terima kasih kepada pondok pesantren, Islamic Development Bank, dan perwakilan dari negara Malaysia yang hadir di OPOP Ekspo 2023. Mudah - mudahan jejaring OPOP semakin luas dan strategis lagi sebagai kekuatan ekonomi yang bisa menjawab upaya - upaya penguatan kesejahteraan masyarakat baik bagi pesantren, santri, maupun alumninya, serta mudah - mudahan berseiring dengan ridho Allah SWT," kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa di pembukaan

Dikatakannya perjalanan program OPOP ini cukup panjang dan butuh kesabaran. "Bapak Ibu sekalian, ini proses panjaaannggg sekali. Dalam sekali. Serius sekali. Jadi saya ingin menyampaikan pak Ghofirin pimpinan OPOP pokoknya semangat,"tegasnya.

Oleh karenanya, Gubernur Khofifah menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengasuh pesantren yang mendukung OPOP, dan seluruh pelaku OPOP di semua pondok pesantren. Serta Dirut Bank Jatim yang memberi support permodalan OPOP. "Jadi, Man Jadda Wajadda. Siapa yang bekerja keras, dia bisa sukses,"pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Andromeda Qomariah mengatakan, sebanyak 52 stand memamerkan serta menjual produk OPOP, mulai dari makanan dan minuman (mamin), kerajinan tangan atau kria, hingga produk fashion. "Kegiatan OPOP Expo 2023, meliputi pameran unggulan anggota OPOP. Baik itu santripreneur, pesantrenpreneur, dan sosiopreneur, yang lolos kurasi, yang mana telah ada sekitar 52 unit," jelasnya.

Mereka berkesempatan mengikuti pameran ini sejak tanggal 9 hingga 12 November 2023, di halaman Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Selain memamerkan produk produk unggulan OPOP yang telah lolos kurasi, juga terdapat talkshow literasi keuangan syariah. "Tadi pagi dilakukan talkshow akses pembiayaan keuangan syariah," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, juga digelar Pasar Murah, pelatihan kewirausahaan digital oleh OPOP Academy, klinik pembiayaan syariah berupa layanan konsultasi oleh Bank Jatim Syariah, serta klinik pelayanan usaha dan bisnis forum oleh Bank Indonesia. (MC diskominfo Provv Jatim /hjr- pca)

#Khofifah Indar Parawansa #Gubernur Jawa Timur #gubernur khofifah