Kamis, 25 April 2024

Digitalisasi Layanan BPJS Kesehatan Mojokerto Terus Ditingkatkan

Diunggah pada : 13 April 2023 9:59:59 166
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto berkomitmen mengembangkan digitalisasi layanan ke semua aspek untuk memenuhi beragam kebutuhan pemangku kepentingan terkait dalam ekosistem JKN. Tidak hanya terbatas pada antrean online, tetapi akan dikembangkan hingga pengajuan klaim rumah sakit. Bahkan, sudah berproses menuju elektronik farmasi untuk pelayanan obat.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPJS Mojokerto, Elke Winasari dalam acara peluncuran Implementasi Janji Layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun 2023, seperti dipublikasikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mojokerto. 

“BPJS Kesehatan bersama dengan rumah sakit juga telah menerapkan perekaman sidik jari (fingerprint) dan elektronik Surat Eligibilitas Peserta (e-SEP). Selanjutnya, kami akan mendorong rumah sakit untuk mengimplementasikan electronic medical record, electronic claim hingga smart claim,” ujarnya. 

Untuk menunjang pelayanan yang berkualitas, lanjut Elke, BPJS Kesehatan memberikan keleluasaan kepada rumah sakit untuk melakukan improvement. Inovasi rumah sakit nantinya akan disinkronkan dengan inovasi yang diluncurkan BPJS Kesehatan. Hal itu diharapkan dapat mempermudah pasien dan tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu.

"Jadi peserta JKN yang dirujuk ke poliklinik dapat memanfaatkan fitur antrean online pada Aplikasi Mobile JKN untuk mengambil nomor antrean dan memperkirakan waktu kedatangan sehingga tidak perlu menunggu lama di rumah sakit," pungkasnya.

Diketahui, dalam momen tersebut BPJS Kesehatan Mojokerto juga memberikan penghargaan kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terbaik dalam peningkatan mutu layanan tahun 2022-Triwulan 1 tahun 2023. Penghargaan tersebut antara lain Terbaik 1 yakni Puskesmas Kutorejo, Terbaik 2 Klinik Wilujeng, dan Terbaik 3 Klinik Prima Medika.

Sementara itu, untuk penghargaan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) terbaik dalam peningkatan mutu pelayanan tahun 2022-Triwulan 1 tahun 2023 diberikan kepada, Terbaik 1 RSUD Prof.Soekandar, Terbaik 2 RS. Sidowaras, dan Terbaik 3 RS. Mawaddah Medika. (idc/n)

#Kabupaten Mojokerto #BPJS Kesehatan