Kamis, 18 April 2024

Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Pamekasan periode 2022 – 2027 Dikukuhkan

Diunggah pada : 20 Juni 2022 16:01:17 284
Ketua PMI Jatim, Imam Utomo menerima Cinderamata dari Wakil Bupati Pamekasan Dr. Ir. J. Fattah Jasin usai pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus Pmi Pamekasan Periode 2022 -2027 di Pendopo Sukowati Pamekasan, Senin (20/6/2022)

Jatim Newsroom – Ketua Palang Merah Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur, Imam Utomo, melantik Ketua Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Pamekasan periode 2022 – 2027 di Pendopo Ronggo Sukowati  Kabupaten Pamekasan, Senin (20/6/2022).

Pelantikan tersebut dilakukan  berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor  042/KEP/02/.06/lll/2022 tentang susunan kepengurusan dan anggota PMI Kabupaten Pamekasan periode 2022 - 2027. Hadir dalam pelantikan tersebut  Wakil Bupati Pamekasan Dr. Ir. Fattah Jasin di dampingi Sekretaris Daerah (Sekda,  Ir Totok Hartono,MA, beserta Kepala OPD dan sejumlah Camat di wilayah  Kabupaten Pamekasan.

Sedangkan untuk susunan nama pengurus yang dilantik adalah Ketua Dewan Kehormatan, Agus Mulyadi, dan Pengurus PMI Kabupaten Pamekasan periode 2022 - 2027 dengan Ketua Sigit Priyono dan Sekretaris Chairul Saleh.

Dalam sambutannya, Imam Utomo menyampaikan selamat bekerja kepada Pengurus yang baru saja di lantik dan terimakasih kepada para pengurus lama  yang sudah mengabdi. Apresiasi positif disampaikan kepada para pengurus lama atas dedikasi dan pengabdiannya selama mengemban tugas kemanusiaan di organisasi Palang merah. Dirinya berharap kepada pengurus yang baru saja dilantik untuk segera menjalankan tugas pokok dan fungsi organisasi kepalangmerahan.

”Kita semua paham bahwa undang undang nomor 1 tahun 2018 telah mengatur tentang organisasi kepalang merahan. Tugas pokok dan fungsi utamanya  adalah penyediaan darah dan memberikan bantuan kemanusiaan terhadap korban bencana,“ tutur mantan Gubernur Jawa Timur dua periode tersebut.

Di sisi lain, pelaksanaan donor darah di PMI kabupaten Pamekasan dinilai cukup bagus meskipun tidak seperti cabang lain di  Kota Surabaya maupun Kabupaten  Sidoarjo yang telah memiliki alat lengkap. Harapannya PMI Pamekasan segera meningkatkan kapasitas dan kualitas Unit Donor Darah (UDD) miliknya sehingga kedepan  bisa memenuhi kebutuhan darah untuk wilayah Madura.

Imam Utomo juga berharap agar pengurus PMI Pamekasan yang baru segera menyiapkan dan membentuk para relawan yang telah memiliki sertifikasi . Oleh karenanya, PMI Pamekasan dapat  mengikutsertakan para relawannya dalam pelatihan yang diadakan oleh PMI Jawa Timur untuk memperoleh sertifikasi.

Sementara itu,  Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin dalam sambutannya juga menekankan bahwa PMI Kabupaten Pamekasan segera melakukan kegiatan organisasi dan memproduksi darah seperti yang dilakukan PMI Kota Surabaya.

“Semoga ke depannya PMI Pamekasan dapat memenuhi kebutuhan akan transfusi darah di wilayah sekitar Madura dan aktif  melibatkan kaum remaja dalam kegiatan – kegiatan kemanusiaan ,” ujarnya.  

Oleh karenanya, PMI Pamekasan diharapkan ikut serta dalam  mendorong kegiatan kemanusiaan di lingkungan sekolah-sekolah melalui Palang Merah Remaja (PMR).  Hal ini juga sejalan dengan pesan Gubernur Jawa Timur,  Ibu Khofifah Indar Parawansa bahwa semua sekolah diharapakan dapat mendidik anggota PMR minimal 30 anak

.”Ini agar pembinaan terus berkelanjutan dan mohon harapan dari Ibu Gubernur ini ditindak lanjuti dengan sebaik baiknya,” tutup Fattah Jasin.(aud/s)

 

#pmi