Kamis, 22 Februari 2024

Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unair Lakukan Pengabdian Cegah Stunting di Surabaya

Diunggah pada : 9 Desember 2023 17:15:35 35
Kunjungan Tim Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Universitas Airlangga di Kelurahan Pakis Kecamatan Sawahan Surabaya.

Jatim Newsroom - Isu stunting di Surabaya menjadi fokus tim Departemen Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga. Dalam rangkaian inisiatif penanggulangan stunting, Dr Ir Lilis Suristyolini MKes melakukan kunjungan khusus ke Kelurahan Pakis Kecamatan Sawahan pada  untuk melakukan Pengabdian Masyarakat.

Dalam rilisnya, Sabtu (9/12/2023), Ketua Tim, Dr Ir Lilis Sulistyorini MKes sekaligus Ketua Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Universitas Airlangga menegaskan, kebersihan lingkungan rumah dan kebersihan diri berperan penting dalam mengatasi masalah stunting. 

“Kondisi lingkungan yang sehat menjadi kunci terpenting dalam mencegah stunting pada anak kecil,” ujarnya.

Di tingkat Nasional, Indonesia masih menghadapi permasalahan besar terkait stunting. Prevalensi stunting secara nasional masih tinggi, yakni mencapai 21,6% pada tahun 2022. Di Provinsi Jawa Timur, prevalensi stunting mencapai 19,2%. Surabaya sendiri memiliki angka stunting sebesar 4,8%. Meskipun angka tersebut mencapai target nasional sebesar 14%, namun masih diperlukan upaya untuk mencegah peningkatan stunting di Surabaya dan menurunkan stunting ke tingkat yang jauh lebih rendah. Oleh karena itu, tim FKM Universitas Airlangga bertindak cepat memberikan solusi nyata 

Pada kunjungan ini, tim memberikan edukasi kepada orang tua dan menilai kebersihan rumah dan kebersihan diri mereka. Selain itu, tim juga memberikan bantuan berupa exhaust van kepada rumah tangga yang membutuhkan perbaikan sirkulasi udara. Keluarga yang sudah memiliki sirkulasi udara yang baik akan diberikan kipas angin listrik untuk memperbaiki kondisi lingkungan rumah.

Kegiatan ini bukan sekedar kegiatan eventual, namun merupakan bagian dari upaya berkelanjutan FKM Universitas Airlangga dalam mendukung pemerintah dalam mengatasi permasalahan stunting di Surabaya. 

“Kami berharap upaya ini dapat memberikan dampak positif yang sangat besar bagi masyarakat setempat, khususnya di Kelurahan Pakis,” tandas Lilis. (pno/hjr)

#FKM UNAIR #Stunting di Pakis Sawahan Surabaya

Berita Terkait