Sabtu, 20 Juli 2024

Dari Kesulitan Wisatawan Mencari Oleh-Oleh Khas Ponorogo, Muncul Ide Mendirikan Mall PKK

Diunggah pada : 16 April 2023 15:57:43 128
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo Susilowati dan Wakil Bupati Lisdyarita bersama Ketua Dharma Wanita Ponorogo Tentri Pramono melihat produk UMKM di Ndalem Oleh-Oleh Gadung Melati, Sabtu (15/4/2023). Foto: Insanul Fadhil

Jatim Newsroom - Berawal dari curhatan kolega, sanak, dan saudara yang kesulitan mendapatkan oleh-oleh ketika berkunjung ke Ponorogo. Tercetus ide dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo Susilowati Sugiri Sancoko untuk mendirikan sentra pemasaran berisi produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

‘’Produk dari desa-desa di Ponorogo ada di sini,’’ kata Susilowati usai luanching Ndalem Oleh-Oleh Gadung Melati, Sabtu (15/4/2023) malam.

Bukan hanya produk olahan, namun kerajinan batik, tas, dan anyaman juga terpajang di etalase Ndalem Oleh-Oleh Gadung Melati yang berada di belakang panggung utama Alun-Alun Ponorogo. Susilowati mendapati pelaku UMKM selama ini ternyata didominasi kaum perempuan. Tak urung, Ndalem Oleh-Oleh Gadung Melati adalah mall yang gerainya berisi produk-produk anggota PKK di Ponorogo.

‘’Pemasaran produk juga akan dilakukan secara online,’’ kata Susilowati. 

Dia berharap anggota PKK memanfaatan secara maksimal keberadaan Ndalem Oleh-Oleh Gadung Melati. Produk olahan maupun kerajinan yang memenuhi syarat bakal dengan mudah masuk mengisi etalase.  Susilowati meyakini pelaku UMKM akan berupaya meningkatkan kualitas produk agar laku. 

Sementara itu, Ketua Forum Industri Kecil Menengah (IKM) Ponorogo Sunarto mendukung keberadaan Ndalem Oleh-Oleh Gadung Melati itu. Sebab, para pelaku usaha di Ponorogo mendapatkan tempat baru dan strategis untuk memasarkan produk mereka. ‘’Produk-produk lokal akan semakin dikenal,’’ ungkapnya. (why/n)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo