Kamis, 6 Oktober 2022

Ciptakan Kondusifitas dengan Rangkul Perguruan Silat

Diunggah pada : 8 Agustus 2022 19:51:19 213
Silaturahmi antar perguruan pencak silat dengan Kapolresta Mojokerto AKBP Wiwit Adisatria. Foto: dok.Polres Mojokerto untuk JNR Kominfo Jatim

Jatim Newsroom – Demi memperkuat dengan pembinaan Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas), Kapolresta Mojokerto AKBP Wiwit Adisatria, menggelar silaturahmi antar perguruan pencak silat. Acara digelar di aula Prabu Hayam Wuruk, Kota Mojokerto.

"Silaturahmi ini menginisiasi program prioritas Kapolri menuju Polri Presisi dalam pemantapan kinerja pemeliharaan Kamtibmas. Salah satunya dengan meningkatkan silaturahmi antar perguruan pencak silat di Kota Mojokerto," kata AKBP Wiwit melalui rilis diterima JNR, Senin (8/8/2022).

“Saya ucapkan terimakasih kepada para Ketua Pengurus Perguruan Silat Kota Mojokerto yang menyempatkan hadir untuk kegiatan yang sederhana ini. Perlu diketahui Bahwa kemenangan yang terbesar di dapat oleh pendekar adalah menang tanpa merendahkan atau menjatuhkan," pesan Kapolresta Mojokerto.

Ia mengimbau, kegiatan pengesahan pendekar dari salah satu perguruan dan kejadian yang terjadi di wilayah agar dijalankan secara kondusif. "Saya sampaikan apapun yang terjadi kaitannya dengan perselisihan perguruan, saya akan menjunjung tinggi harkamtibmas yang berlaku di wilayah hukum Polresta Mojokerto. Dan jika kejadian yang sudah terjadi, kita jadikan pembelajaran dan kita evaluasi yang mana perlu dibenahi," imbaunya.

"Mari kita sama-sama menjalin sinergi menciptakan keamanan dan ketertiban serta melestarikan budaya bangsa di Kota Mojokerto. Dalam waktu dekat kita laksanakan pertandingan sabung antar perguruan di tingkat Polresta Mojokerto," kata Kapolresta Mojokerto yang juga pendekar dari PSHT tersebut.

Pendekar yang hadir dalam Silaturahmi Kapolresta Mojokerto diantaranya Ketua Cabang IKS PI Cab. Kota Mojokerto M Afandi, Ketua perguruan Persinas Cab. Kota Mojokerto H Bambang, Ketua Perguruan Merpati Putih Cab. Kota Mojokerto Pulung, dan Ketua Perguruan Tapak Suci Kota Mojokerto H Sugeng. Selain itu, hadir pula Ketua Pagar Nusa Kota Mojokerto Arif Wahyudi Nur Hidayat, Dewan Pengurus PSHT Cab. Mojokerto dan masing-masing Ketua Ranting PSHT Kota Mojokerto (Jetis, Kemlagi,Gedeg), dan  Perwakilan Pengurus IKS PI Cab Mojokerto dan ranting (Kemlagi,Gedeg)

Ketua IPSI Kota Mojokerto, Ach Su'ud mengatakan, jika ditelusuri dari aspek budaya, pencak silat merupakan warisan budaya yang patut dibanggakan untuk memberikan motto kelestarian budaya bangsa. "Semoga kedepan prestasi anak didik muda kita semakin eksis di cabang olahraga pecak silat ditingkat Porprov maupun Nasional," harapnya.

"Kita sebagai pelatih fahamkan kepada bagi anak didik kita untuk memberikan motto kelestarian budaya bangsa dan. Semoga kedepan prestasi anak didik muda kita semakin eksis," pungkas Ach Su'ud. (sug)

#mojokerto