Senin, 15 Juli 2024

Cegah TPPO, Imigrasi Malang Bentuk Desa Binaan

Diunggah pada : 6 Maret 2024 10:08:54 71
Kegiatan Sosialisasi Pencegahan TPPO dan Pembentukan Desa Binaan Imigrasi di Kabupaten Malang,

Jatim Newsroom- Upaya proaktif dilakukan Kanim Kelas I Malang untuk mencegah terjadinnya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Salah satunya dengan mengoptimalkan pembinaan masyarakat dengan membentuk desa binaan.

"Keberadaan desa binaan ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk mengedukasi masyarakat tentang bahayanya TPPO," ujar Kasubid Informasi Keimigrasian, Fachruddin Romi Noviar Saputra saat kegiatan Sosialisasi Pencegahan TPPO dan Pembentukan Desa Binaan Imigrasi di Kabupaten Malang, dalam rilis Kanwil Kemenkumham Jatim yang diterima, Rabu (6/3/2024).

Untuk itu, kegiatan yang digelar di Hotel Grand Miami, Kepanjen itu, dihadiri oleh camat, lurah, kepala desa dan sekolah-sekolah yang berada di wilayah Kepanjen, Kabupaten Malang. "Keberadaan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang, Kepolisian Resor Malang dan BP2MI juga sangat penting sebagai mitra kerja yang bahu membahu memberantas kejahatan transnasional ini, " lanjutnya.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kanim Malang, Raden Susetyo menjelaskan bahwa sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. "Harapannya agar dapat menekan angka terjadinya TPPO," harap Raden.

Di akhir kegiatan, dilakukan sesi penyerahan SK Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang tentang pembentukan Desa Binaan Imigrasi kepada Kelurahan Kepanjen, Desa Talangagung, Desa Jenggolo dan Desa Sengguruh.

Para perangkat desa yang maju kedepan dan para narasumber melakukan foto bersama dengan menggunakan topi cegah TPPO dimana hal ini menyiratkan semangat bersama dalam hal pencegahan. (mad/hjr)

 

 

#Kanwil Kemenkumham Jatim