Kamis, 25 April 2024

Cegah Gangguan Keamanan Hutan, Perhutani Kunjungi Polres Sumenep

Diunggah pada : 9 Februari 2023 12:50:22 19

Jatim Newsroom- Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura melakukan kunjungan kerja ke Lembaga kepolisian, Polres Sumenep dalam rangka koordinasi guna memantapkan kinerja di lapangan, khususnya dalam rangka pengamanan dan pencegahan Gangguan Keamanan Hutan (Gukamhut), bertempat di Kantor Kepolisian Resort (Polres) Sumenep, Rabu (8/2/2023).

Dalam kunjungan kerjanya itu Wakil Administratur Perhutani Madura, Sem Charlees didampingi Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Madura Timur Dasirin, diterima Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko di ruang kerjanya.

Dalam kesempatan itu, Sem Charlees menyampaikan, bahwa kunjungan ke Kapolres Sumenep dan Polsek Kota Sumenep dalam rangka membangun koordinasi yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi, serta membicarakan isu-isu hangat yang saat ini berkembang terkait regulasi baru masalah pengelolaan hutan. Khususnya dalam hal menghadapi persoalan yang terjadi di lapangan, yang erat kaitannya dengan penggunaan kawasan tanpa ijin dan persoalan- persoalan terkait lainnya, ungkap Sem Charlees.

“Dengan koordinasi yang terbangun dengan baik maka akan mudah mengambil langkah-langkah penyelesaian terhadap persoalan yang timbul. Untuk itu perlu menjaga komunikasi dan keharmonisan lintas sektor guna terciptanya kondusifitas dari berpotensi wilayah yang bisa menimbulkan konflik dan gangguan keamanan hutan (Gukamhut). Dengan komunikasi sosial yang dilakukan bersama, diharapkan dapat menekan angka gangguan keamanan hutan dan menciptakan kondusifitas wilayah kerja Perhutani Madura,” imbuh Sem Charlees.

Sementara itu, Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko menyampaikan, bahwa kami menyambut baik kunjungan jajaran Perhutani, kami siap membantu serta berkolaborasi dalam pencegahan dan penanganan persoalan Gukamhut yang ada di wilayah hukum Polres Sumenep yang menjadi tanggungjawabnya, katanya.

Pihaknya berharap agar sinergi yang telah terjalin baik antara Perhutani dan Polri terus berlanjut dan ditingkatkan demi menciptakan keamanan khususnya di wilayah hutan Perhutani Madura, tutupnya. (jal/hjr)

#perhutani