Sabtu, 20 April 2024

Cegah Anemia, Bupati Mojokerto Terus Giatkan Minum TTD pada Remaja Putri

Diunggah pada : 10 Maret 2023 16:04:56 33
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Upaya Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, dalam menggiatkan minum Tablet Tambah Darah (TTD) secara serentak kepada seluruh siswi di Bumi Majapahit konsisten dilakukan. Hal ini bertujuan agar mencegah para siswi yang merupakan remaja putri sebagai calon ibu supaya tidak anemia.

Seperti pagi ini, Bupati Ikfina mengajak siswi SMAN 1 Gondang serentak minum TTD di Lapangan SMAN 1 Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, pada Jumat (10/3/2023). Kegiatan itu dikemas dalam agenda Jumat CERIA (Cantik, Enerjik, Rajin, Inovatif, dan Aktif).

Kegiatan ini diikuti 622 siswi SMAN 1 Gondang, dengan diawali senam bersama dan pertunjukan Tari Remo dari siswi SMAN 1 Gondang. Pada momen itu, Bupati Ikfina berkesempatan melakukan sesi tanya jawab dengan para siswa terkait sel darah merah dan anemia. Lalu, Ia juga menyerahkan hadiah berupa kaos bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaannya.

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina menyampaikan bahwa saat ini bangsa Indonesia telah menghadapi masalah besar terkait dengan ancaman terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang disebut dengan stunting.

"Stunting ini adalah kondisi gagal tumbuh pada balita karena pada saat ibunya hamil, ibunya mengalami kurang darah atau anemia. Kurang darah atau anemia pada ibu hamil dikarenakan ternyata sejak ibu hamil ini, yang masih menjadi calon ibu sudah mengalami anemia kronis," jelasnya.

Menurut Bupati Ikfina, anemia kronis dapat disebabkan dari menstruasi setiap bulan yang dialami oleh wanita. Maka, kepada seluruh siswi SMAN 1 Gondang Bupati Ikfina mengimbau agar mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Karena zat besi menjadi salah satu faktor utama dalam memproduksi sel darah merah pada tubuh, apalagi kebutuhan zat besi pada tubuh sebesar 15 mg setiap harinya.

“Jadi makanan apa saja yang mengandung zat besi yaitu bayam, daun ketela kacang-kacangan, jeroan, tapi lebih tepatnya adalah hati. Jadi makanan yang paling tinggi kandungan zat besinya yaitu kacang-kacangan, hati, bisa hati ayam, hati kambing, hati sapi, kemudian kuning telur. Karena faktanya 30 persen atau 1/3 remaja putri di Indonesia mengalami kondisi yang namanya anemia atau kekurangan darah,” terang Bupati Ikfina.

Selain menyebabkan ibu melahirkan bayi stunting, Bupati Ikfina juga menjelaskan, anemia dapat menyebabkan mudahnya mengantuk, otak tidak bisa berpikir dengan cepat, dan tidak bisa konsentrasi. Sehingga Ia pun mengimbau, kepada suluruh siswi SMAN 1 Gondang agar minum TTD setiap minggunya.

“Terdapat dua faktor yang dapat menghambat dan mempercepat penyerapan zat besi pada tubuh, yakni minum kopi dan teh setelah makan sebelum satu jam dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Akan tetapi minum jus jeruk atau semacamnya bisa mempercepat penyerapan zat besi di dalam usus,” tuturnya.

Bupati Ikfina juga menerangkan,  penyerapan zat besi dalam tubuh bisa berbentuk Ferri dan Ferro. Adanya zat asam dalam perut yang berbentuk Ferro akan mudah diserap, tetapi jika bentuknya Ferri susah diserap.

"Ada 2 yang menghalangi penyerapan zat besi cukup diingat dua saja yaitu teh dan kopi. Jadi anakku semuanya khususnya remaja putri ini kalau kalian sedang makan. tolong minumnya jangan teh atau kopi. boleh teh dan kopi tapi minumnya nunggu 1 jam setelah makan. Karena jeda waktu itu makanan akan bisa terserap dengan baik," pungkasnya.

Selain Bupati Ikfina, hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Ulum Rokhmat, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas Gondang, Kepala Sekolah SMAN 1 Gondang serta Forkopimca Gondang. (vin)

#Bupati Mojokerto