Senin, 24 Juni 2024

Bupati Sumenep Minta Camat dan Kades Kembangkan Produk Kearifan Lokal

Diunggah pada : 3 Juni 2022 14:07:22 202
Bupati Ra Achmad Fauzi (tengah) saat meninjau produk UMKM, di halaman Kantor Kecamatan Sapeken, Jumat (3/6/2022) Foto: Dok. Diskominfo Sumenep

Jatim Newsroom - Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi,  memborong produk olahan dan kerajinan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat Kecamatan (Pulau) Sapeken. Dalam kesempatan tersebut, Bupati didampingi Wakil Bupati Hj. Dewi Khalifah serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), setelah bersilaturahmi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat Kecamatan (Pulau) Sapeken. Jumat (3/6/2022).

 

Bupati mengatakan, camat dan kepala desa untuk memanfaatkan potensi setiap desa sebagai produk bernilai tinggi. “Itu dilakukan dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat seperti produk olahan dan kerajinan UMKM ini,” kata Bupati dikutip dari laman sumenepkab.go.id

 

Ia menjelaskan, kecamatan dan desa harus mengembangkan produk kearifan lokal dengan memperluas pemasarannya tidak hanya melalui manajemen tradisional semata, namun juga manajemen modern atau memanfaatkan teknologi informasi.

 

“Produk UMKM pemasarannya bisa dititipkan di pasar modern, sekaligus memasarkannya lewat online,” jelas Bupati

 

Yang jelas, Bupati menerangkan, masyarakat agar mengetahui produk olahan maupun kerajinan UMKM berasal dari Kecamatan Sapeken atau Kabupaten Sumenep, harus dijelaskan di kemasannya.

 

“Kalau sudah jelas brand produk UMKM itu, memudahkan masyarakat untuk memesannya,” terangnya.

 

Camat Sapeken, Aminullah menambahkan, pihaknya bersama pemerintah desa berkomitmen untuk meningkatkan produk UMKM masyarakat, sehingga mampu menghasilkan produk unggulan yang berdampak kepada peningkatan ekonomi.

 

“Kami terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna mengembangkan produk UMKM termasuk pemasarannya,” pungkas Aminullah. (ghf)

#UMKM #Bupati Sumenep #Kabupaten Sumenep