Senin, 15 Juli 2024

Bupati Sugiri Resmikan Labkesda Tambakbayan, Laboratorium Serba Komplet

Diunggah pada : 13 Desember 2023 20:12:56 39
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menandatangani prasasti peresmian Labkesda Tambakbayan, Rabu (13/12/2023). Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Kesehatan hebat di Ponorogo. Secara beruntun, RSUD “Hospitel” Bantarangin berdiri, disusul Puskesmas Wisata Ngebel dengan ketersediaan obat herbalnya, lalu beroperasinya UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Tambakbayan. “Ini akan menjadikan pelayanan kesehatan Ponorogo semakin maju," kata Bupati Sugiri Sancoko saat meresmikan gedung Labkesda Tambakbayan yang berlokasi di Jalan Trunojoyo, Rabu (13/12/2023). 

Fasilitas yang ada di Labkesda Tambakbayan serba komplet. Mulai pelayanan pemeriksaan laboratorium klinis, pemeriksaan urine, darah, narkoba, kimonologi, serta pemeriksaan parasitologi. Tenaga ahli dengan dukungan peralatan yang tersedia juga memungkinkan melakukan uji pencemaran. udara, air, limbah, dan sampel makanan/minuman. “Menjawab keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan laboratorium klinis dan lingkungan yang prima. Labkesda Tambakbayan akan menjadi laboratorium rujukan, terang Kang Bupati —sapaan Bupati Sugiri Sancoko.

Menurut Kang Bupati, Labkesda Tambakbayan akan melayani pemeriksaan kesehatan bagi para Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) asal Ponorogo yang jumlahnya mencapai ribuan. Dengan begitu, akan menambah pendapatan asli daerah (PAD) Ponorogo karena pemeriksaan kesehatan CPMI selama ini berlangsung di laboratorium luar kota. “Tambahan untuk sumber PAD, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Dyah Ayu Puspitaningarti mengungkapkan bahwa Labkesda Tambakbayan juga mampu melayani pemeriksaan bio safety level II untuk menguji virus melalui tes cepat molekuler (TCM) yang tidak banyak dimiliki fasilitas kesehatan serupa di lain daerah. Dia berharap Labkesda Tambakbayan tidak hanya menjadi laboratorium rujukan, melainkan terintegrasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Ponorogo. “Untuk layanan resmi kita buka mulai Januari 2024 karena saat ini harus memindahkan alat-alat dari gedung laboratorium lama di Keniten,” ungkapnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo