Minggu, 5 Februari 2023

Bupati Ponorogo: Bebaskan Guru Mengajar dengan Kreatif dan Kembangkan Diri Secara Aktif

Diunggah pada : 29 November 2022 11:28:26 15
Upacara Hari Guru Nasional dan HUT ke-77 PGRI berlangsung di Gedung PGRI Ponorogo, Senin (28/11/2022). foto: Fadhil Kominfo Ponorogo

Jatim  Newsroom - Para guru di seluruh pelosok Tanah Air sudah berhimpun di Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGRI) selama 77 tahun. Namun, mereka belum sepenuhnya merdeka dalam mengajar. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko sepaham dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim ketika harus membebaskan guru mengajar dengan kreatif dan mengembangkan diri secara aktif. 

‘’Guru adalah gudangnya segala pengetahuan. Kalau kualitas guru baik, maka akan melahirkan generasi yang jempolan,’’ kata Kang Bupati sapaan Bupati Sugiri Sancoko tatkala menjadi pembina upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT ke-77 PGRI di Gedung PGRI Kabupaten Ponorogo, Senin (28/11/2022).

Puluhan guru perwakilan dari seluruh sekolah di Ponorogo serta perwakilan Dinas Pendidikan Jawa Timur berada dalam barisan peserta upacara itu. 

Kang Bupati menyitir statemen Mas Menteri, sapaan Mendikbud Ristek,  Nadiem Anwar Makarim bahwa mayoritas guru sudah saatnya berposisi sebagai agen-agen transformasi dalam ekosistem pendidikan. Dengan begitu, mereka akan mampu menghasilkan murid-murid berkompetensi global dan berkarakter.

"Mendorong berlangsungnya transformasi pendidikan dan mendorong peningkatan prestasi akademik murid,’’ terang Kang Bupati.

Menurut mantan legislator DPRD Jatim itu, guru seyogianya mampu menginspirasi untuk terus belajar dan menggali potensi. Bersamaan itu, mendukung tumbuh kembang murid secara holistik (menyeluruh).

‘’Tidak dapat dimungkiri peran guru sebagai teladan di masyarakat. Para guru yang akan mengawal kualitas pendidikan di Ponorogo semakin baik,’’ jelas Kang Bupati. (why/n)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo #Hari Guru Nasional