Jumat, 14 Juni 2024

Bupati Pasuruan : Seluruh Nakes Berkewajiban Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Diunggah pada : 15 September 2022 10:58:37 69
Launching Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua Bagi Nakes di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan Rabu (14/9/2022).

Jatim Newsroom - Seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas yang tersebar di 24 Kecamatan berkewajiban meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, karena hal tersebut merupakan hak dasar masyarakat yang diatur di dalam Perundang-undangan

Hal ini disampaikan Bupati Irsyad Yusuf pada saat me-launching Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua Bagi Nakes di Dinas Kesehatan, RSUD Bangil dan RSUD Grati,  di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan Rabu (14/9/2022).

“Pelayanan kesehatan harus benar-benar kita perhatikan. Maka kita harus berbenah diri, bagaimana tanggungjawab kita memberikan layanan dasar kepada masyarakat harus diawali oleh dan dari bapak ibu sekalian. Terutama di ujung tombak pelayanan masyarakat kita, di Puskesmas dan layanan kesehatan masyarakat lainnya,” ujar Bupati.

Bupati meminta kepada Kadinkes dr Ani Latifah untuk semakin intens dalam mengoptimalkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Diantaranya dapat dilakukan dengan mengatur jadwal layanan serta memaksimalkan sarana dan prasarana layanan kesehatan yang dimiiki Puskesmas dan Pustu (Puskesmas pembantu).

“Kapasitas SDM harus ditingkatkan. Kemampuan dalam memberikan pelayanan itu sangat penting. Jangan lupa juga kesejahteraan Nakesnya. Ayo kita diskusikan bersama untuk memajukan layanan kesehatan. Sehingga bisa dikoordinasikan dengan Perangkat Daerah lainnya,” tambah Bupati didampingi Wakil Bupati Mujib Imron, Direktur RSUD Bangil, dr Arma Roosalina dan Direktur RSUD Grati, drg. Retno Dyah Lestari.

Bupati Irsyad juga meminta kepada semua tim dokter agar mengevaluasi layanan kesehatan, baik di RSUD maupun di Puskesmas. Hal itu harus dilakukan di seluruh jenis layanan kesehatan. Seperti pengobatan umum, pelayanan kesehatan gigi, pelayanan kebidanan, perawatan di rawat inap, rawat darurat dan layanan kesehatan ibu.

“Manajemen penertiban UGD, misalnya, nakesnya yang di ruangan tidak boleh kosong. Juga layanan Pustu. Layanan dasar dan utama yang berhadapan dengan masyarakat harus benar-benar ditata dengan baik. Bapak Ibu dokter, ayo kita sempurnakan layanan dasar kita kepada masyarakat, terutama bidang kesehatan dengan saling bekerjasama dan meningkatkan etos kerja,” ajak Bupati.

“Saya dan Pak Wabup mengucapkan terimakasih atas kerja keras keluarga besar Dinkes dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hari ini kita me-launching vaksinasi Covid-19 booster kedua, khususnya lagi nakes. Mohon kesediaan waktunya karena pertahanan kita satu-satunya adalah vaksin booster. Terbukti kasus yang sekarang terjadi kebanyakan yang dianalisa adalah karena banyak masyarakat belum vaksin 1, 2 maupun booster,” pungkas Bupati.  (yan/n)

  

#Bupati Pasuruan