Minggu, 16 Juni 2024

Bupati Pasuruan Canangkan Tiga Program Kolaborasi Wujudkan Generasi Sehat dan Tangguh

Diunggah pada : 24 Agustus 2022 11:40:57 301
Dengan tema “Anak Sehat, Cerdas & Kuat Menuju Pasuruan Maslahat “, pencanangan ketiga program tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Pasuruan.

Jatim NewsroomBupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Wakil Bupati Mujib Imron mencanangkan tiga program kolaborasi dalam mewujudkan generasi sehat dan tangguh yaitu gerakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dan Gerakan Minum Susu (GERMISU) yang dihadiri ratusan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) didampingi guru dan orang tua di Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan, Selasa (23/8/2022)

“Kami canangkan gerakan BIAN, GEMARIKAN dan GERMISU dalam satu waktu sekaligus untuk membentuk generasi kuat dan sehat. Tentunya untuk mewujudkan Kabupaten Pasuruan yang maslahat. Mari kita dukung bersama-sama,” ujar Bupati dalam sambutannya.

“Saya mengapresiasi semua pihak yang mendukung terlaksananya program BIAN, GEMARIKAN dan GERMISU di Kabupaten Pasuruan. Baik lintas program maupun lintas sektor, akademisi, pelaku usaha, organisasi masyarakat dan lain-lain. Sehingga di masa yang akan datang, pembangunan kesehatan akan terus mengalami kemajuan serta dapat mewujudkan Kabupaten Pasuruan yang sejahtera, maslahat dan berdaya saing,” lanjut Bupati.

Dengan tema “Anak Sehat, Cerdas & Kuat Menuju Pasuruan Maslahat “, pencanangan ketiga program tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Pasuruan. Dilanjutkan dilanjutkan dengan minum susu sapi dalam kemasan secara bersama-sama, dikomandoi oleh Bupati dan Wakil Bupati. Dan iiikuti secara massal oleh seluruh siswa-siswi SD yang turut-serta dalam kegiatan. Seperti SD ABC yang berlokasi di Taman Dayu dan SD Candi Wates, Kecamatan Pandaan.

Untuk memulihkan cakupan imunisasi dasar lengkap yang tidak optimal akibat pandemi, Pemerintah Kabupaten Pasuruan menyelenggarakan BIAN. Lokasinya di fasilitas kesehatan (Posyandu dan Puskesmas) terdekat dengan sasaran, bayi usia 5-59 bulan/balita.

Sedangkan GEMARIKAN, program nasional sebagai upaya meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat yang diharapkan bisa menjadi budaya, sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas. Terlebih ikan mengandung protein, asam lemak omega 3, kandungan lemak jenuh yang rendah dan sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan juga mengeluarkan kebijaksanaan strategis yakni GERMISU, sebuah gerakan aktif dari masyarakat dalam mengkonsumsi susu, baik susu segar maupun hasil olahannya. Targetnya untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan penerus generasi bangsa.

Kegiatan ini juga dihadiri tiga Kepala Perangkat Daerah terkait adalah Kepala Dinas Kesehatan, dr Ani Latifah, Kepala Dinas Perikanan, Alfi Khasanah dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Diana Lukita Rahayu. Berikut Ketua Tim Penggerak PKK, Lulis Irsyad Yusuf dan Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK, Nanik Asnawati. Hadir juga Kepala Kejaksanaan Negeri (Kajari), Ramdhanu Dwiyantoro, Kepala Dinas Kesehatan Prov Jatim,  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Jatim, Camat se-Kabupaten Pasuruan, Forkopimca Pandaan, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Pas/n)

 

#Bupati Pasuruan