Kamis, 1 Desember 2022

Bupati Mojokerto Sampaikan Strategi Atasi Stunting

Diunggah pada : 28 September 2022 11:38:15 3
Sumber Foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, kembali menjadi pembicara dalam agenda Edukasi Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dalam Meningkatkan Status Kesehatan Gizi Anak. Kegiatan ini berlangsung di Pendopo Balai Desa Mojokumpul, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Selasa (27/9/2022). 

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto,  Bupati Ikfina menyampaikan, 1000 HPK ini sangat penting dalam mencegah stunting pada anak. "1000 HPK ini adalah masa dimana organ tubuh anak berporses menuju sempurna. Jadi asupan gizi harus benar-benar tercukupi, agar anak terbebas dari stunting," jelasnya. 

Salah satu yang perlu diperhatikan, lanjut Bupati Ikfina, adalah pemberian ASI ekslusif kepada anak dan untuk stimulus kepada anak di 1000 HPK ini harus sangat diperhatikan.

"ASI eksklusif ini penting karena itu salah satu asupan gizi untuk anak. Anak harus terus diberikan stimulus yang positif dan diajarkan kebiasaan baik, karena satu tahun pertama ini perkembangan otak anak berkembang sangat pesat,"pungkasnya. 

Bupati Ikfina menambahkan, salah satu keuntungan jika 1000 HPK ini diperhatikan dengan benar, manfaatnya adalah selain gizi anak terpenuhi untuk mendukung penyempurnaan organ dalam, juga untuk membentuk sistem daya tahan tubuh anak. 

"Sistem daya tahan tubuh anak saat besar nanti, itu tergantung pembentukan sistem daya tahan tubuh saat 1000 HPK. Kalau saat kecil daya tahan tubuh anak ini terbentuk dengan baik, maka saat dewasa nanti, si anak ini akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih unggul," tutur Bupati Ikfina. 

Tak hanya 1000 HPK saja, Bupati Ikfina juga menyinggung perlakuan yang benar pada janin yang harus dilakukan orang tua saat hamil.

"Sebelum bayi ini lahir, bukan berarti kita harus berhenti memberikan pelajaran kepada si bayi, mulai dari janin, ini harus sudah kita beri kebiasaan-kebiasaan baik yang nantinya akan mendukung perlakuan benar orang tua saat 1000 HPK," ungkapnya. 

Dengan memberikan edukasi pentingnya 1000 HPK ini, Bupati Ikfina berharap ke depannya nanti Kabupaten Mojokerto akan terbebas dari stunting yang memang saat ini menjadi konsentrasi nasional. (vin/s)

#stunting #Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto