Jumat, 29 Maret 2024

Bupati Mojokerto Resmikan Wisata Edukasi Energi Terbarukan Waduk Tanjungan

Diunggah pada : 21 Desember 2022 14:43:38 194
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati meresmikan secara langsung wisata edukasi energi terbarukan yang berada di kawasan wisata Waduk Tanjungan, Desa Tanjungan, Selasa (20/12/2022). Wisata edukasi energi terbarukan itu merupakan buah hasil dari program Matching Fund antara Universitas Surabaya (Ubaya) dengan Desa Tanjungan.

Diketahui, Matching Fund merupakan bentuk nyata dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) RI untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara Insan Perguruan Tinggi (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak Mitra. Untuk pelaksanaan program Matching Fund di Desa Tanjungan, Ubaya menerjunkan 8 Dosen dan 14 Mahasiswa.

Terdapat 4 wahana edukasi energi terbarukan yang diresmikan oleh Bupati Ikfina yakni wahana energi biomassa dengan sumber energi terbarukan yang berbasis pada siklus karbon, energi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), energi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan energi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).

Selain itu, pada pelaksanaan peresmian wisata edukasi energi terbarukan juga turut dihadiri oleh Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo, Rektor Ubaya Benny Lianto, Ketua Tim Matching Fund Ubaya Elieser Tarigan, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Ubaya Suyanto, Forkopimca Kemlagi, Kepala Desa Tanjungan Suparlik, Ketua BUMDes Tanjung Asri, dan seluruh kepala desa se-Kecamatan Kemlagi.

Pada momen itu, Bupati Ikfina mengungkapkan, bahwa terkait energi terbarukan sekarang ini sudah menjadi isu yang ramai diperbincangkan. Hal ini juga sempat dibahas di pertemuan G20 di Bali pada bulan November lalu, serta menjadi perhatian khusus dari pemerintah pusat maupun Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Bagaimanapun ke depan kita tidak akan pernah bisa lepas, kita sangat membutuhkan energi. ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa, bahwa Tanjungan ini diberikan kesempatan dan nanti dikembangkan lagi. Makanya tentu pemerintah daerah harus mendampingi Tanjungan ini," ujarnya seperti dirilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto.

Maka, untuk mengembangkan potensi wisata yang baru saja diresmikan, Bupati Ikfina meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Mojokerto untuk menindaklanjuti data-data terkait wisata Waduk Tanjungan dan peluang apa saja yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa Tanjungan. (idc/n)

#Kabupaten Mojokerto #wisata edukasi energi terbarukan