Rabu, 24 April 2024

Bupati Mojokerto Minta Para Kades Dukung Program P2L

Diunggah pada : 9 November 2022 11:27:21 33
Sumber foto; Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menghadiri kegiatan Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam rangka peningkatan pasca panen dan pengolahan hasil yang diinisiasi oleh Dinas Pangan dan Perikanan (Dispari) Kabupaten Mojokerto, di Pasar Rakyat Mojo Kembangsore Park, Kabupaten Mojokerto, pada Selasa (8/11/2022).

Kegiatan Pemberdayaan KWT itu digelar, karena kelompok KWT menjalankan program kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Demi mendukung pemberdayaan para kelompok KWT dalam menyukseskan program P2L, Bupati Ikfina, meminta kepada seluruh Kepala Desa (Kades) agar mendukung hal itu dengan menggunakan 20 persen dari dana desa yang harus digunakan untuk ketahanan pangan.

"Karena sampai saat ini penerjemahan pemanfaatan 20 persen dana desa untuk ketahanan pangan ini masih sangat bervariasi. Maka saya minta tolong fokusnya untuk ketahan pangan ini memanfaatkan lahan-lahan diluar lahan pertanian," imbaunya.

Bupati Ikfina pun mengimbau, agar para kelompok KWT yang menjual berbagai produk olahan supaya meningkatkan kapasitasnya dalam sistem manajemen administrasi maupun keuangan untuk mendukung faktor ekonomi.

"Kalau terjadi perubahan harga minyak, kalau terjadi perubahan harga gasnya, kalau ada perubahan harga dasar tarif listriknya tidak bisa menghitung sehingga menjadi suatu masalah, nah ini bahaya,"kata Bupati Ikfina.

Tak hanya itu, demi menjaga stabilitas kondisi wilayah di Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina juga mengajak seluruh masyarakat agar berpartisipasi dan bekerjasama dalam menyukseskan program P2L. "Saya minta tolong, mohon partisipasi yang sudah kalian jalankan ini dilanjutkan dan dikembangkan serta Pemerintah Desa untuk mendukung dan mensupport," pintanya.

Pada kegiatan Pemberdayaan KWT ini, Bupati Ikfina juga menyerahkan secara simbolis bantuan Rice Milling Unit (RMU) dan bangunan lumbung pangan masyarakat kepada Gapoktan podo rukun, Desa Ngabar, Kecamatan Jetis, Gapoktan Tani Makmur, Desa Leminggir, Kecamatan Mojosari, Gapoktan Sumber Kumpul, Desa Mojokumpul, Kecamatan Kemlagi, serta Gapoktan Tani Mulyo 2 Desa Pagerejo, Kecamatan Gedeg.

Selain itu, Bupati Ikfina juga menyerahkan secara simbolis bantuan hibah berupa barang kepada KWT Jatisari, Desa Bendunganjati, Pacet dan KWT Tanjung Mandiri desa Tanjungan, Kemlagi. 

Sebagai informasi, kegiatan diikuti sejumlah 250 peserta KWT, dan juga dihadiri Kepala Dispari Kabupaten Mojokerto M. Ridwan, Camat Pacet, Camat Jatirejo, Camat Gondang, Camat Dlanggu, Camat Kutorejo, Camat Puri, Kepala desa Terusan serta kepala desa Mojorejo.(vin)

#Bupati Mojokerto