Kamis, 25 April 2024

Bupati Mojokerto Minta Koperasi Mampu Bersaing di Tengah Perubahan Sosial Ekonomi

Diunggah pada : 31 Mei 2023 9:17:28 156
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) di Aula Dekopinda Kabupaten Mojokerto, Selasa, (30/5/2023). Pada kesempatan tersebut Bupati meminta koperasi agar mampu mengambil peran dalam perubahan sosial ekonomi yang dinamis dan bersaing dengan pelaku ekonomi lain.

Melalui rilis humas Pemkab Mojokerto, kegiatan Rakerda Dekopinda itu diawali dengan peninjauan oleh Bupati Ikfina ke sejumlah stand UMKM yang berada di halaman gedung Dekopinda. Setelah itu dilanjutkan dengan meninjau Cooking Class yang digelar oleh Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Mojokerto.

Bupati ikfina mengatakan, tantangan baru yang dihadapi koperasi saat ini tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan teknologi digital dan inovasi produksi. "Namun, mari kita tata lagi bagaimana koperasi dapat meningkatkan ekonomi. Salah satunya dengan penguatan koperasi. Koperasi adalah satu lembaga bisnis yang banyak saingannya. Mari kita kuatkan lagi sistem koperasinya," jelasnya.

Lanjut Ikfina, Dekopinda merupakan wadah koperasi yang perlu ditingkatkan guna mendorong peran koperasi sebagai ekonomi kerakyatan. Selain itu, tantangan koperasi di era globalisasi saat ini sangat berat. Untuk itu perlu ditingkatkan peran Dekopinda melalui program-program yang mampu meningkatkan kualitas perkoperasian di daerah.

"Ini adalah PR besarnya Dekopinda. Saya harap Dekopinda bersinergi dan berkolaborasi dengan Dinas Koperasi, apa yang menyebabkan 489 masuk kategori tidak aktif. Mari kita bekerja lebih keras lagi, kita profesional, dan bekerja keras untuk menguatkan lagi sistem koperasinya untuk koperasi yang lebih maju," pungkasnya. (idc/s)

#koperasi #Kabupaten Mojokerto #Dewan Koperasi Indonesia Daerah