Selasa, 23 Juli 2024

Bupati Mojokerto Imbau Para Siswi Perbanyak Zat Besi

Diunggah pada : 31 Mei 2024 13:17:24 18
Program Jumat CERIA di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, mengimbau para siswi untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Hal ini diperlukan agar tidak mengalami kekurangan darah. 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (31/5/2024), hal tersebut disampaikan dalam program Jumat CERIA yang merupakan akronim dari Cantik, Energik, Rajin, Inovatif dan Aktif di SMPN 1 Trawas, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas.

"Salah satu makanan yang mengandung zat besi adalah kuning telur, selain kuning telur itu ada hati ayam, daun ketela, kemudian ada juga kacang-kacangan jadi berbagai jenis kacang-kacangan dan turunannya itu mengandung zat besi," terangnya.

Selain itu, Bupati yang pernah berprofesi sebagai dokter ini juga mengungkapkan terdapat minuman yang dapat menghambat proses masuknya zat besi ke dalam tubuh yaitu teh dan kopi.

"Ada minuman yang menghalangi masuknya zat besi untuk masuk ke pembuluh darah yaitu kopi dan teh. Jadi kalau mau minum kopi sebaiknya jarak 1 jam setelah makan," tuturnya.

Ia juga menjelaskan selain menjadi penghambat, terdapat pula minuman yang mempercepat penyerapan zat besi masuk ke dalam tubuh.

"Kemudian ada juga minuman yang mempercepat penyerapan zat besi untuk masuk ke dalam tubuh yaitu jus jeruk. Jadi nanti penyerapan zat besi di dalam tubuh itu nanti akan maksimal," jelasnya.

Bupati Mojokerto juga mengimbau anak-anak untuk rajin berolahraga khususnya di pagi hari, karena dampaknya sangat baik bagi kesehatan tubuh mereka.

"Terima kasih hari ini anak-anak sudah berpartisipasi baik. Jadi anak-anak juga harus rajin senam seperti ini, karena seperti ini kita terkena sinar matahari yang dapat digunakan mengubah pro vit D menjadi vit D agar tubuh kita menjadi kuat dan bugar," jelasnya.

Program Jumat CERIA menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Mojokerto untuk menekan angka stunting di Bumi Majapahit. Program ini merupakan program yang diinisiasi Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dengan menyasar siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang nantinya menjadi calon ibu. (idc/s)

#stunting #Kabupaten Mojokerto #zat besi