Kamis, 22 Februari 2024

Bupati Mojokerto Buka Workshop Penguatan Usaha KUKM IT Entrepreneur

Diunggah pada : 1 Maret 2023 19:27:43 53
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati secara resmi membuka workshop penguatan usaha Koperasi dan UKM (KUKM) IT Entrepreneur bertajuk ‘Peningkatan Kapasitas Usaha UKM melalui Google Business Profil’ pada Rabu (1/3/2023) siang di Rainbow Garden Poetoek Soeko, Desa Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto..

Workshop yang diikuti sedikitnya 60 pelaku usaha dari Kabupaten/Kota di Jatim ini diprakarsai oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) untuk meningkatkan keterampilan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar semakin berdaya saing.

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina menyampaikan bahwa pasar di era digital marketing saat ini sangat besar. Maka, menurutnya pelatihan bagi pelaku usaha ini sangat diperlukan, supaya UMKM bisa memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usahanya.

“Kami berharap keahlian teman-teman UMKM meningkat dalam penguasaan digital, sehingga ada peningkatan usahanya. Karena pasar digital peluang besar yang harus kita tangkap. Ini bagian dari pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19," jelasnya.

Lebih lenjut dikatakan Bupati Ikfina bahwa, maraknya konsumen yang menggunakan layanan online, menjadi peluang tersendiri yang harus ditangkap para pelaku UMKM untuk memasarkan produk-produknya.

“Ini peluang pasar luar biasa yang ada di platform digital. Kami berharap para pelaku UMKM benar-benar fokus mengikuti pelatihan ini, sehingga bisa meningkatkan pemasaran produk dan meningkatkan kesejahteraan mereka melalui teknologi informasi yang berkembang saat ini,” kata Bupati Ikfina.

Sementara itu, Kepala Diskop-UKM Jatim Andromeda Qomariah mengatakan bahwa kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) harus bisa mengimbangi kemajuan teknologi. Ia menilai, dengan memanfaatkan teknologi bisa membuka peluang yang luar biasa bagi segala sektor, termasuk sektor bisnis dan usaha.

"Jadi workshop ini semoga bisa dimanfaatkan dalam pelaksanaan bisnis Bapak/Ibu sekalian. Dengan pengguna internet sebanyak itu di Indonesia, UMKM kita harus bisa memanfaatkan daya beli di negara kita sendiri,” terangnya.

Andromeda pun menilai, melalui teknologi pula, pelaku UMKM dimudahkan melakukan promosi serta memiliki kesempatan tanpa batas ruang dan waktu. “Meski juga banyak tantangan dan terlihat sulit, tapi ketika sudah tahu celahnya, pasti bisa, pasti jadi penyelamat bagi usaha yang dilakukan. Anda semua punya kesempatan yang sama dengan pebisnis-pebisnis besar,” pungkasnya. (vin/hjr)

#Diskop UKM Jatim #Bupati Mojokerto