Kamis, 1 Desember 2022

Bupati Mojokerto Beri Materi Kegiatan Pembinaan Kepemudaan

Diunggah pada : 28 September 2022 11:56:54 6
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menghadiri agenda pembinaan kepemudaan bersama karang taruna se – Kabupaten Mojokerto yang berlangsung di ruang pertemuan kantor Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Selasa (27/9/2022).

Kegiatan ini diprakarsai oleh Bagian Kesra Sekda Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Karena agenda ini temanya berdasarkan permintaan dari kecamatan masing-masing. 

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina menyinggung Sumber Daya Manusia (SDM) di era society 5.0 ini harus benar-benar kreatif dan memiliki daya saing. 

"Di era society 5.0 ini kita dituntut harus kreatif dan mau berkembang. Kalau kita tidak berkembang dan mengikuti perkembangan zaman, kita yang akan kalah dengan persaingan di era society ini. Tema dari pembinaan dan pelatihan kepemudaan ini by request, artinya dari Bagian Kesra yang menentukan, tetapi dari kecamatan, harapannya ini merupakan aspirasi dari para peserta pelatihan," tuturnya. 

Bupati Ikfina pun menyampaikan, pelatihan yang mengangkat tema soal budidaya maggot ini, dinilai memiliki prospek bagus kedepannya. Terlebih, budidaya Maggot dinilai mampu mengurangi sampah, karena makanan Maggot sendiri adalah sampah. 

"Maggot ini nanti proses budidayanya ini membutuhkan yang makanannya adalah dari sampah, maka ini adalah salah satu bentuk penyelesaian dari masalah sampah yang ini adalah masalah yang selalu kita hadapi karena setiap hari kita tidak mungkin tidak menghasilkan sampah," jelasnya. 

Bupati Ikfina menambahkan, kegiatan budidaya Maggot juga mampu membuka lapangan pekerjaan. Maggot sendiri memiliki banyak fungsi yang dinilai sangat menguntungkan bagi beberapa peternak hewan lainnya. 

"Budidaya maggot ini adalah satu bentuk kegiatan produktif yang tentunya ini selain menyerap tenaga kerja merupakan satu bentuk pembukaan lapangan kerja. Maggotnya ini juga menjadi salah satu penyelesaian dari beberapa masalah, khususnya terkait dengan kebutuhan akan protein dari beberapa ternak tertentu," imbuhnya. 

Bupati Ikfina berpesan kepada karang taruna di akhir arahannya, bahwa agar tetap berfikir positif dan terus bergerak dan berinovasi.

"Saya sampaikan tetap semangat, tetap berpositif thinking karena negara ini benar-benar akan maju itu kalau kita semuanya bergerak tidak cukup hanya berangan-angan saja. Kita butuh orang-orang yang mau berpikir dan kemudian bekerja dan saya yakin semua yang ada di sini bisa melakukan itu. Mari bersama-sama, bagaimana cara mengupayakan agar kita ini semakin produktif dan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada," ungkapnya. (vin)

 

 

#pelatihan #Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto