Selasa, 23 April 2024

Bupati Mojokerto Ajak Perempuan dan Anak Ikut Andil dalam Pembangunan

Diunggah pada : 23 Februari 2024 14:55:12 8
Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tematik Perempuan dan Anak, di Kabupaten Mojokerto. Sumber foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengajak seluruh kalangan perempuan dan anak untuk ikut serta dalam perencanaan maupun proses pembangunan. Hal ini disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tematik Perempuan dan Anak, di Pendopo Graha Maja Tama (GMT) Kabupaten Mojokerto. 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (23/2/2024), musrenbang ini diikuti sedikitnya 119 peserta, yang meliputi organisasi perempuan Kabupaten Mojokerto, Forum Anak Majapahit, Forum Anak Kecamatan dan Perwakilan Perangkat Daerah Kabupaten Mojokerto.

Selain itu, diadakannya musrenbang ini adalah untuk membuka ruang partisipasi perempuan dan anak dalam menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

"Saya tetap serius untuk penyusunan RKPD 2025 dan RJPD 2025-2045. Jadi saya minta tolong untuk organisasi perempuan dan anak untuk mengambil peran dalam perencanaan tersebut, Kabupaten Mojokerto butuh percepatan," ucap Bupati Ikfina.

Bupati Ikfina mengatakan, ikut andilnya perempuan dan anak dalam proses percepatan pembangunan agar tidak adanya diskriminasi. "Perempuan dan anak merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya pembangunan secara universal. Jadi perempuan dan anak juga harus dilibatkan dalam pembangunan sebagai subjek, tidak boleh hanya menjadi objek," ungkapnya.

Maka, untuk menunjang percepatan pembangunan serta meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Mojokerto, Bupati Mojokerto mengajak seluruh peserta untuk dapat ikut andil dalam menurunkan pernikahan anak usia dini.

Bupati Ikfina mengatakan, untuk menyukseskan penanggulangan pernikahan anak usia dini dapat menggandeng Forum Anak Majapahit untuk menggalakkan program PIK R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja).

"Kita harus memberdayakan Forum Anak Majapahit untuk menjalankan PIK R, agar para remaja Kabupaten Mojokerto bisa menjaga diri, jadi (Forum Anak Majapahit) harus bisa mengingatkan teman-temannya," pungkasnya. (idc/hjr)

#Kabupaten Mojokerto #Musyawarah Rencana Pembangunan