Sabtu, 15 Juni 2024

Bupati Irsyad Yusuf Optimis, Bromo Marathon akan Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Diunggah pada : 26 Agustus 2022 12:03:18 252
Bupati Pasuruan dalam konferensi pers “Plataran Bromo Xtra Vaganza” di hutan Kota Plataran Senayan, Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Jatim Newsroom  -  Bupati Irsyad Yusuf optimis, Bromo Marathon yang sedianya akan kembali digelar pada tanggal 11 September 2022 akan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Pasuruan, khususnya Kecamatan Tosari sebagai lokasi kegiatan event lomba lari berskala internasional tersebut dilaksanakan

Hal ini disampaikan Bupati Pasuruan dalam konferensi pers “Plataran Bromo Xtra Vaganza” di hutan Kota Plataran Senayan, Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Perhelatan olahraga dengan peserta dari banyak negara itu sangat dinantikan setelah absen selama dua tahun akibat pandemi.

“Tahun ini, Bromo Marathon ke-8 kali sejak saya memimpin Kabupaten Pasuruan. Dua tahun kami tidak melaksanakan. Tahun ini berkah, kami juga mengikuti petunjuk dan arahan Presiden dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi. Ini berkah dan peluang bagi Kabupaten Pasuruan,” ujar Bupati Irsyad.

Bupati berharap, momen Bromo Marathon mampu meningkatkan tingkat okupansi hotel dan penginapan di Kecamatan Tosari. Hal tersebut sebagai dukungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan terhadap program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk meningkatkan kunjungan wisata mancanegara ke tanah air. Diantaranya Gunung Bromo di Kecamatan Tosari.

“Banyak potensi di Kabupaten Pasuruan. Salah satunya adalah Gunung Bromo yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia. Ini yang menjadi dasar kita sehingga mendukung penuh kegiatan Pelataran Bromo Xtra Vaganza yang sangat berpeluang membangkitkan sektor ekonomi mikro masyarakat sekitar,” ujarnya.

Bupati juga mengatakan kesediaan Pemkab Pasuruan dalam menambah semaraknya Bromo Marathon nanti. Baik dengan menyajikan kesenian tradisional khas Tengger maupun men-display ragam produk UMKM unggulan di sekitar venue. Siap memanjakan seluruh peserta  dan wisatawan.

“Saya dan jajaran Pemda, Forkopimda  mendukung penuh. Pak Kapolres dan Pak Dandim sudah menjamin keamanannya. Sarpras juga akan kita siapkan, termasuk masyarakatnya juga kami siapkan menyambut kehadiran tamu-tamu peserta pelari dan kunjungan wisatawan yang lainnya. Kami sudah siapkan maksimal, karena Tengger punya cerita yang sangat menarik. Ada Bale Ganjur, sendra tari Sodoran, tarian khas Tengger juga ada. Banyak lagi yang menarik disana. Tosari itu sudah dicanangkan oleh Menteri Agama sebagai Kecamatan Bhineka Tunggal Ika karena disana toleransi beragama luar biasa,” ucap Bupati.

Lomba lari yang menjadi icon Kabupaten Pasuruan tersebut akan diikuti oleh 1.200 peserta lomba dari 20 negara. Dengan tagline Pasuruan Always Fresh, Pemerintah Kabupaten Pasuruan siap menyambut dan menyukseskannya event tersebut. (yan/n)

 

#Bupati Pasuruan