Rabu, 17 Juli 2024

Bupati Ikfina Tekankan Pentingnya Wujudkan Lansia Mandiri

Diunggah pada : 30 Mei 2024 14:55:40 22
Pelaksanaan program Tilik Deso Mirsani Masyarakat (Bulik Soima) di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menekankan pentingnya mewujudkan lansia mandiri di Bumi Majapahit, agar para lansia dapat bahagia, sehat, dan berdaya guna. Hal tersebut, disampaikan oleh Bupati Ikfina ketika menggelar program Tilik Deso Mirsani Masyarakat (Bulik Soima).

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto Kamis (30/5/2024), kali ini, Pelaksanaan Bulik Soima berlangsung di salah satu rumah keluarga penerima manfaat (KPM), di Desa Jatirejo, Kecamatan Jatirejo.

Pada pelaksanaan Bulik Soima yang diinisiasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto tersebut, diikuti lebih dari 50 KPM. Para peserta juga dijelaskan terkait makanan yang mengandung kaya gizi dan protein serta pentingnya dalam mewujudkan lansia mandiri.

Lebih lanjut, Program Bulik Soima yang dipusatkan di salah satu rumah KPM Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial RI ini, sebagai upaya Pemkab Mojokerto dalam mendengarkan keluhan dari masyarakat.

Bupati Ikfina mengungkapkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Mojokerto berupaya untuk mewujudkan lansia mandiri. Salah satu cara untuk mewujudkannya yaitu dengan menjaga kesehatan para lansia lansia.

Selain itu, dalam menjaga kesehatan serta terhindar dari gejala pikun, Bupati Ikfina juga mengatakan, agar para lansia memiliki aktivitas setiap hari.

"Jadi dicarikan kegiatan yang memang bisa dikerjakan oleh lansia tersebut, jadi kegiatan yang ringan-ringan saja," jelasnya.

Tak hanya itu, dalam mewujudkan lansia mandiri Bupati Ikfina juga menjelaskan, Pemkab Mojokerto juga memiliki program rutin yang terus digalakkan yaitu Selasa Sehat Jaga Lansia Mandir (Sejoli).

"Program untuk lansia ini ada puskesmas lansia, dan kita juga ada program Sejoli (Selasa Sehat Jaga Lansia Mandiri) jadi program tersebut tujuannya mengupayakan agar lansia itu bisa kemana mana sendiri, sehingga lansia ini tidak terganggu kepada orang lain untuk melakukan aktivitas sehari-hari," jelasnya.

Bupati Ikfina pun mengharapkan, agar lansia yang berada di Desa Jatirejo untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

“Jaga kesehatan, periksakan kesehatan secara rutin, kalau tidak punya darah tinggi, kencing manis, kolesterol, asam urat maka bisa periksa setiap 3 bulan sekali, tapi kalau ibu-ibu punya kalau punya darah tinggi, kencing manis, kolesterol, asam urat maka periksanya 1 bulan sekali," pungkasnya. (idc/hjr)

#Kabupaten Mojokerto #lansia mandiri