Senin, 15 Juli 2024

Bupati Ikfina Dorong PIK-R - Adiwiyata Sinergi Bersama Wujudkan Sekolah Sehat

Diunggah pada : 14 Juni 2024 23:52:00 29
thumb

Jatim Newsroom - Guna menyukseskan program Trias Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M), Bupati Ikfina mendorong semua komponen di sekolah mulai UKS, PIK-R hingga sekolah Adiwiyata bisa bersinergi bersama guna mewujudkan sekolah sehat.

Hal itu disampaikan Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati saat memberikan pembinaan kepada 58 guru dan kepala sekolah UKS/M SMP/MTS Kabupaten Mojokerto, Jum'at, (14/6) siang, di hotel Lynn, Magersari, Kota Mojokerto.

"Jadi nanti UKS ini benar-benar jalan, PIK-R, sekolah Adiwiyata juga jalan. Jadi ini nanti semua jalan bersama dari semua komponen sekolah, baik dari guru-guru dengan kurikulumnya, semua komponen-komponen yang ada di sekolah itu semuanya berpartisipasi," terangnya.

Bupati Ikfina menilai mewujudkan sekolah sehat sangat penting, sebab dapat meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik. Dengan begitu, peserta didik dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan berkualitas.

Kemudian, terkait pelayanan kesehatan Bupati Ikfina mengatakan, agar para guru dapat mengawasi dan memastikan seluruh siswinya meminum tablet tambah darah secara rutin disetiap minggunya.

Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati saat memberikan pembinaan kepada 58 guru dan kepala sekolah UKS/M SMP/MTS Kabupaten Mojokerto, Jum'at, (14/6) siang, di hotel Lynn, Magersari, Kota Mojokerto. foto: dok.PemkabMojokerto

"Tablet tambah darah ini penting sekali tidak hanya untuk hubungannya dengan stunting, tetapi juga bagaimana remaja putri bisa menangkap semua pelajaran yang diberikan, karena otak kita itu tidak bisa kalau tidak ada oksigen. sementara yang mengantar oksigen dan nutrisi ke otak itu hanya sel darah merah," ujarnya.

Selanjutnya terkait pembinaan lingkungan sehat Bupati Ikfina mengimbau agar setiap sekolah dapat mengelola sampah dan limbah secara baik.

"Jadi bagaimana lingkungan itu dalam kondisi terus bersih. Dengan membiasakan hal yang bersih pula," ujarnya.

Untuk menyukseskan program Trias UKS/M ini setiap puskesmas akan dikerahkan untuk memberikan pembinaan dan pendampingan literasi kesehatan di UKS/M masing- masing sekolah.

"Ini adalah untuk kita menjaga kesehatan mereka semuanya, agar semua program disekolah ini juga berjalan dengan baik dan kedepannya mereka juga akan mendapatkan kondisi kesehatan yang baik," pungkasnya. (red)

#Kabupaten Mojokerto