Sabtu, 20 April 2024

Bupati Bojonegoro Ikuti Nglenyer Teng Sabin

Diunggah pada : 5 November 2022 15:54:18 20
Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah sejumlah pejabat Pemkab, mengikuti kegiatan Nglenyer Teng Sabin dengan bersepeda santai pada Sabtu (5/11/2022)

Jatim Newsroom - Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah bersama suami Ali Dupa dan sejumlah pejabat Pemkab, mengikuti kegiatan Nglenyer Teng Sabin dengan bersepeda santai pada Sabtu (5/11/2022). Acara yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKKP)  ini dimulai dari lapangan Desa Mojoranu Dander dan finish di Gudang Lumbung Pangan Desa Plesungan Kecamatan Kapas.

Kadin DKPP Helmy Elizabeth menyebutkan kegiatan ini merupakan kegiatan bersepeda bersama yang pertama kali dilakukan dengan Bupati Bojonegoro bersama para petani. “Kegiatan Ini juga merupakan rangkaian Hari Tani yang jatuh pada 24 September dan Hari Pangan Sedunia pada 20 Oktober,” kata Helmy.

Helmi juga menuturkan semangat melaksanakan Nglenyer Teng Sabin ini karena musim hujan datang lebih awal. Dan ini menjadi acuan petani untuk mulai tanam padi. “Alasan kami memberikan tagline Nglenyer Teng Sabin karena infrastruktur jalan yang sudah dibangun manfaatnya juga dirasakan oleh para petani,” jelas Helmy.

Helmy juga berterimakasih kepada Bupati Anna yang selalu mendorong untuk memikirkan program dan kegiatan yang benar-benar menyentuh kebutuhan petani. Karena Bojonegoro merupakan lumbung pangan Indonesia sebagai penghasil terbesar ke-3 se-Jawa Timur.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menjelaskan jika ada masalah pupuk yang kurang, ia menugaskan kepada DKPP mulai tahun 2023 menggerakan pupuk organik, baik yang cair maupun yang organik granul.

“Kartu Penerima Manfaat (KPM)  nantinya digunakan untuk mendapatkan bantuan kembali. Yang sudah dapat di tahun sebelumnya akan diteruskan kembali mendapatkan program bantuan,” kata Bupati Anna.

Bupati Anna juga berpesan agar petani memulai dengan menggunakan pupuk organik.  Karena pemerintah sedang mengurangi pupuk kimia.

“Pemkab Bojonegoro juga bersinergi dengan Bulog untuk komunikasi menjaga harga panen agar stabil. Kami sudah MoU untuk mengurangi ijon-ijon, jadi nanti BUMDes yang membeli gabah atau beras dan kerjasama dengan BUMD maupun dengan BUMR,” jelas Bupati Anna.

Acara yang berlangsung penuh semangat ini ditutup dengan pembagian undian kupon berhadiah dan hiburan.  Dalam kegiatan ini, hadir pula   Camat Dander, Camat Kapas, Kades Mojoranu, Kades Plesungan, Kades Bangkalan, Kades Semen Pinggir dan peserta sepeda santai. Kegiatan ini juga disupport oleh Dishub Bojonegoro dan Polsek setempat. (yan/n)

 

#Bupati Ana