Senin, 3 Oktober 2022

Buka Pintu dengan Senyuman, Inovasi Terbaru Undika

Diunggah pada : 15 Juli 2022 11:48:20 101
Inovasi terbaru yang dibuat oleh salah satu staff Research Center Universitas Dinamika (Undika) Surabaya, yang diberi nama Dinamika Smart Camera (DSC).

Jatim Newsroom - Membuka pintu dengan senyuman, inovasi terbaru yang dibuat oleh salah satu staff Research Center Universitas Dinamika (Undika) Surabaya, Edwin David Effendy. Inovasi yang diberi nama Dinamika Smart Camera (DSC) ini dipasang di pintu ruang Administrasi Umum lantai dua Gedung Biru Universitas Dinamika. Jika kamera pada monitor yang dipasang menangkap wajah tersenyum seseorang, maka pintu akan otomatis terbuka.

Menurut Edwin, ia memiliki ide awal untuk membuat inovasi ini adalah untuk membuat orang lebih banyak tersenyum agar bahagia. “Sekarang ini saya lihat banyak orang kurang tersenyum ya, jadi alat ini berfungsi untuk memaksa orang tersenyum,” ujarnya sembari tertawa.

Edwin yang juga merupakan alumnus Prodi S1 Teknik Komputer Undika ini menuturkan bahwa inovasi sensor senyum untuk membuka pintu ini belum banyak ada di pasaran. “Kebanyakan kan sensor wajah digunakan untuk unlock smartphone,” lanjutnya.

Ia pun melakukan riset dan banyak membaca literatur untuk bisa merangkai menjadi sebuah inovasi yang menarik ini.

Inovasi yang sudah diujicobakan selama kurang lebih satu bulan ini menggunakan bahasa pemrograman Phyton dan dipadukan dengan source OpenCV yang berfungsi untuk memproses gambar. “Jadi cara kerjanya nanti kamera akan menangkap gambar, lalu akan mencari gambar wajah. Lalu jika sudah ketemu wajah maka akan direcord bagian mulut yang memperlihatkan senyum,” jelas Edwin.

Ini bukan kali pertama Edwin merancang inovasi teknologi bagi Undika. Sebelumnya ia juga melakukan pengembangan pada teknologi RFID yang selalu digunakan oleh seluruh Civitas Akademik dan mahasiswa internal Undika dalam mengakses parkir, ruang kelas hingga pembayaran di koperasi kampus. Terbaru, ia juga membuat inovasi membuka pintu otomatis di Kampus Undika Kutisari.

“Jadi yang di kampus Kutisari itu setiap pintu akan dipasang Bluetooth dan QR Code, nanti orang yang mau masuk tinggal scan lalu pintu akan terbuka,” ungkap Edwin.

Selama hampir lima tahun mengabdi di Undika, Edwin pun berharap bisa menyalurkan ilmu yang ia miliki bagi generasi-generasi penerus bangsa. “Ya harapannya bisa melakukan pengabdian masyarakat khususnya bagi SMA/SMK agar mereka nantinya bisa melakukan pengembangan di inovasi serupa,” harapnya.(sti)

#jatim #undika