Jumat, 29 Maret 2024

Buka Bazar Ramadhan di HOS Tjokroaminoto, Bupati Sugiri: UMKM Semakin Tumbuh

Diunggah pada : 6 April 2023 21:00:35 48
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Lisdiyarita memilah poduk batik di salah satu stan Bazar Ramadhan yang berlokasi di Jalan HOS Tjokroaminoto, Rabu (5/4/2023) Foto: Thoriq

Jatim Newsroom - Bazar Ramadhan Ponorogo 2023 resmi dibuka. Tidak lagi di kawasan alun-alun, melainkan bertempat di penggal Jalan HOS Tjokroaminoto yang berlangsung 5 sampai 19 April mendatang. Sebanyak 25 stand diisi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari  21 kecamatan. Beragam olahan makanan, kerajinan tangan, dan produk batik dipajang rapi di deretan stand yang ada. 

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko ditemani Wakil Bupati Lisdiyarita saat hadir dalam acara pembukaan mengatakan bahwa pemindahan lokasi bazar untuk meratakan persebaran ekonomi masyarakat. Alun-alun Ponorogo kini sudah penuh pedagang. Tidak menutup kemungkinan, Bazar Ramadhan juga digelar di Jalan Urip Sumoharjo dan Jenderal Sudirman.

''Alun-alun sudah krodit, maka kita pecah. Semakin banyak lokasi bazar, UMKM akan tumbuh,’’ kata Kang Bupati, sapaan Bupati Sugiri Sancoko.

Menurut dia, membangun ekonomi kerakyatan dengan UMKM di garda depan adalah cara melawan kekuatan ekonomi kapital. Pelaku UMKM telah membuktikan diri tangguh menghadapi pandemi Covid-19. Pemerintah hadir memberikan ruang bagi pengusaha mikro, kecil, dan menengah untuk memasarkan produk mereka. ‘’Kami mengajak masyarakat untuk membeli produk UMKM,’’ jelasnya. 

Bunda Rita, sapaan Wabup Lisdyarit ikut menegaskan pelaku UMKM tidak perlu menyewa lahan di stand-stand Bazar Ramadhan. Pihaknya berupaya menumbuhkan ekonomi kreatif agar UMKM mampu naik kelas. Setiap kecamatan mengusung produk unggulan sehingga lebih dikenal.  

‘’Produk dari Ngrayun bisa ditemui di sini, demikian juga kecamatan-kecamatan yang lain,’’ pungkasnya. (why/n)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo