Jumat, 2 Desember 2022

BPS Jatim Catat Nilai TPT Pemuda Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Diunggah pada : 25 Juli 2022 9:09:37 132
Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Berdasarkan tingkat pendidikan, nilai Tingkat Pengangguran Terbuka
(TPT) pemuda yang paling tinggi adalah pemuda yang berpendidikan SMA/sederajat sebesar 14,78 persen, kemudian diikuti Tidak Tamat SD sebesar 12,99 persen, selanjutnya untuk pendidikan SMP/sederajat sebesar 11,10 persen.

Hal tersebut tercatat dalam Laporan Statistik Pemuda Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 yang dipublikasikan di laman resmi Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim), Juli 2022.

Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan mengatakan bahwa angka di atas terjadi antara lain karena biasanya pemuda dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi lebih memilih-milih pekerjaan yang sesuai dengan tingkat pendidikannya, serta mempertimbangkan penawaran gaji yang akan diperolehnya.

Sementara itu, pemuda yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih rendah, cenderung akan menerima segala macam pekerjaan yang bisa memberikan penghasilan.

Dalam laporan ini juga dijelaskan, pemuda pengangguran itu paling banyak berasal dari kelompok tamatan SMA/sederajat dan Perguruan Tinggi. Ini menunjukkan adanya fenomena mengangguran terdidik di kalangan pemuda. Hal ini pun dapat menjadi potensi jika dikelola dengan baik, namun juga bisa menjadi masalah bila dibiarkan begitu saja.

Dadang menjelaskan bahwa pendidikan yang semakin tinggi mendorong pemuda untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dalam pekerjaan, dan akan berpengaruh terhadap upah/gaji yang akan diterima mereka memiliki daya tawar untuk memilih-milih pekerjaan.

Namun jika mereka tidak kunjung mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan karena keterbatasan lapangan pekerjaan yang tersedia, pendidikan tinggi yang seharusnya menghindarkan pemuda dari pengangguran, justru pada kenyataannya membuat mereka menjadi pengangguran.

"Jika kondisi banyaknya pengangguran tersebuy dibiarkan terus menerus, pemuda yang digadang-gadang menjadi penerus bangsa pada akhirnya hanya akan menjadi beban keluarga, pemerintah, dan masyarakat luas," ujar Kepala BPS Jatim.(idc/n)

#BPS Jatim #pemuda #tingkat pengangguran terbuka