Senin, 22 Juli 2024

Bondowoso Kembali Belajar Replikasi Satikomo Kota Mojokerto

Diunggah pada : 22 September 2023 11:21:28 31
Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bondowoso kembali melakukan studi tiru Satu Data Informasi Kota Mojokerto (SATIKOMO) milik Pemerintah Kota Mojokerto. Rombongan diterima oleh Sekretaris Diskominfo Kota Mojokerto, Hasta Priyangga di Ruang Command Center, Balai Kota Mojokerto, Jalan Gajah Mada 145 pada Kamis-Jumat, (21-22/9/2023) 

Harini Pujiati selaku ketua rombongan dari Diskominfo Kabupaten Bondowoso menyampaikan apa yang telah dikaji dari Kota Mojokerto sebelumnya berdampak positif dalam pengembangan satu data di Kabupaten Bondowoso.

“Kunjungan kedua ini merupakan tindak lanjut studi tiru yang pertama dengan bimtek aplikasi CKAN karena saat ini Kabupaten Bondowoso masih belum melaksanakan aplikasi CKAN,” terang Harini yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kabupaten Bondowoso.

Saat menyambut rombongan Hasta mengaku tersanjung atas kembalinya Diskominfo Kabupaten Bondowoso untuk belajar bersama tentang SATIKOMO.

"Kami merasa tersanjung sudah dua kali bondowoso datang ke Kota Mojokerto. Pada hari ini kita sama-sama belajar bagaimana mengolah data statistik sektoral, karena kami juga belum sempurna,” tuturnya melalui rilis Humas Pemkot Mojokerto (22/9/2023). 

Hasta juga menyampaikan, saling belajar antar daerah merupakan bentuk kolaborasi, karena saat ini bukan lagi era kompetisi.

“Ini sudah bukan zamannya lagi untuk saling berkompetisi, sudah saatnya kolaborasi. Eranya sekarang bagaimana nilai semuaya bisa baik, bagaimana caranya indeks-indeks itu nilainya baik,” imbuhnya.

Ditambahkan oleh Kabid Persandian dan Data Statistik Diskominfo Kota Mojokerto, Siti Noor‘Ainy, Bimtek aplikasi CKAN, Pengelolaan Data Statistik sesuai Standar dan Metadata Diskominfo Kabupaten Bondowoso akan berlangsung hingga hari ini. 

“Hari pertama sharing tentang statistik sektoral lalu hari kedua akan dilanjutkan dengan praktik aplikasi CKAN dan pembuatan fitur-fitur yang ada dalam portal SATIKOMO di Telecenter Palapa,” pungkasnya. (idc/hjr)

#satu data #Kota Mojokerto #satikomo