Kamis, 28 Maret 2024

Bojonegoro, Sukses Wujudkan Pembangunan Jalan Poros Desa Dander Ngleyer

Diunggah pada : 16 Oktober 2022 21:01:49 131
Sumber foto; Diskominfo Kabupaten Bojonegogo

Jatim Newsroom – Warga Desa Dander Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro mulai merasakan dampak positif dari pembangunan jalan poros desa melalui program Bantuan Keuangann Desa (BKD) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro. Melalui pembangunan jalan ini, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan bisa mengurai kemacetan.

Pada tahun 2021, Desa Dander memperoleh BKD berupa jalan aspal dengan total anggaran Rp 1,001 miliar, dan volumenya sebesar 4 x 550 meter. Sedangkan, pada tahun 2022, Desa Dander mendapatkan bantuan BKD berupa jalan aspal dengan total anggaran Rp 1.001 dan bervolume  sebesar 4 x 480 meter.

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Bojonegoro, Kepala Desa Dander, Jupri, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab dan juga Bupati atas bantuan BKD. Sebab aktivitas warga bisa menjadi lancar terutama bagi para petani dan anak-anak sekolah.

Dengan adanya pembangunan jalan ini bisa mengurai kemacetan di jalan Poros Kecamatan. "Karena jalan poros desa yang menghubungkan antara jalan Dander, Sendangharjo, Desa Sumodikaran hingga Desa Ngumpakdalem jadi lancar," tutur Kades.

Sementara itu, Mahudi (42) warga Desa Dander menyampaikan rasa syukurnya dengan adanya pembangunan jalan poros desa.  

"Saya sebagai masyarakat sangat merasakan manfaatnya karena dengan jalan aspal yang mulus dan nglenyer ini akses masyarakat menjadi lancar," kata Mahudi, pada Minggu (16/10/2022).

Kini, setelah jalan nglenyer, warga lebih mudah mengangkut hasil panen atau saat pergi ke pasar. Untuk itu sebagai warga, Mahudi berharap pembangunan jalan poros desa Dander ini diteruskan kembali hingga menyambung ke desa Sendangharjo dan dan desa sekitar.

Begitu pula yang diungkapkan warga Desa Sendangharjo Kecamatan Dander Arifin (45) yang sedang melintasi jalan tersebut. Ia mengaku hampir tiap hari melewati jalan poros desa membawa kayu bakar dari hutan.

"Sangat berterimakasih kepada Ibu Bupati Anna yang telah membangun jalan poros Desa Dander," ucap Arifin.

Jalan poros desa, merupakan akses menuju Desa Sendangharjo hingga Desa Ngumpakdalem. Sehingga dengan pembanguna jalan aspal yang nglenyer ia bisa melintas dengan nyaman.

"Bagi para petani seperti kami, ketika mau tanam membawa pupuk atau ketika panen padi di sawah, kami tidak khawatir kendaraan kami terjebak di lumpur," terang Arifin.(vin/s)

#bojonegoro #BKD