Senin, 3 Oktober 2022

BKKBN Jatim Jalin Sinergitas Bersama BKL dalam Kegiatan Orientasi Pendampingan Perawatan Jangka Panjang bagi Lansia

Diunggah pada : 15 Juni 2022 14:29:54 157
Koordinator Bidang KSPK BKKBN Jatim, Dra. Suhartuti, M.M,

Jatim Newsroom - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jatim menjalin sinergitas dengan pengelola Bina Keluarga Lansia (BKL) melalui kegiatan Orientasi Pendampingan Perawatan Jangka Panjang (PJP) bagi Lansia.

Kegiatan tersebut di buka oleh Koordinator Bidang KSPK Dra. Suhartuti, M.M.

Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Maria Ernawati, melalui Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN Jatim, Suhartuti, dalam sambutannya menjelaskan, sebagai salah satu instansi yang mengemban tugas dalam Peningkatan kualitas hidup lansia, BKKBN berperan dalam kehidupan keluarga, berpartisipasi aktif dalam pembinaan penduduk lansia melalui Program Bina Ketahanan Keluarga Lansia dan Rentan.

"Maka keberhasilan tersebut akan semakin berarti jika penduduk lanjut usia bisa menjadi manusia yang mandiri, berkualitas, dan dapat berperan dalam pembangunan karena penuaan penduduk telah mengakibatkan munculnya berbagai tantangan yang mencakup hampir setiap aspek kehidupan," ujarnya.

Dikatakan Suhartuti, peningkatan jumlah penduduk lanjut usia menimbulkan konsekuensi yang kompleks. Saat ini jumlah lansia berdasarkan data sensus penduduk 2020 mencapai 13% dari total jumlah penduduk di Jawa Timur. Meningkatnya jumlah penduduk lanjut usia tersebut sebenarnya merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian pembangunan manusia, yaitu adanya peningkatan usia harapan hidup, yang berarti adanya perbaikan kualitas kesehatan dan kondisi sosial masyarakat yang meningkat.

Oleh karena itu, kegiatan orientasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan komitmen pengelola dan pelaksana program lansia di setiap tingkatan wilayah. Kegiatan ini diikuti oleh Pejabat pengelola program BKL di tingkat Kabupaten/Kota, Penyuluh KB serta Kader Kelompok BKL lokus sasaran Pro PN tahun 2022.

Kegiatan orientasi dilaksanakan dalam tiga regional wilayah yang tiap regional diselenggarakan selama 3 hari. Orientasi PJP Regional 1 dilaksanakan tanggal 14 sd 16 Juni 2022 di hotel fave sidoarjo dan diikuti oleh 12 Kabupaten yaitu Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto,Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota Surabaya, Kota Mojokerto

Tuti berharap dari kegiatan ini akan adanya peningkatan kapasitas dan komitmen pengelola Program lansia di setiap tingkatan wilayah. Selain itu peserta diharapkan dapat menjadi fasilitator yang dapat membina keluarga lansia dan lansia itu sendiri agar menjadi lansia yang Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan bermartabat (SMART) di kabupaten/kota.(her/s)

#jatim #bkkbn