Kamis, 6 Oktober 2022

BKKBN Jatim Harap Konten Kreatif Dukung Penurunan Stunting

Diunggah pada : 25 Mei 2022 11:32:08 65
Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Jatim, Dra. Maria Ernawati, MM

Jatim Newsroom- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jatim berharap semakin banyak konten kreatif yang dibuat pegiat media sosial, untuk mendukung penurunan angka stunting (kurang gizi kronis) di Jawa Timur.

"Guna mendukung suksesnya penurunan angka stunting dan optimalisasi KIE Program Bangga Kencana, kehadiran new media, dan media sosial menjadi tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. Pegiat media sosial tidak hanya menentukan channel apa yang harus digunakan dalam penyebarluasan informasi, tetapi juga bagaimana membuat konten yang menarik sehingga bisa menggerakkan masyarakat secara sukarela untuk menyebarluaskan ke masyarakat lainnya," ungkap Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Jatim, Maria Ernawati, Rabu (25/5/2022).

Menurutnya, selama 24-25 Mei 2022 di Kota Malang, para pengelola Advokasi dan KIE Kabupaten/Kota se-Jawa Timur mengikuti Pengembangan Desain Materi Promosi KIE, Program Bangga Kencana Berdasarkan Segmentasi Sasaran dan Wilayah Melalui Workshop New Media. "Selain mendapatkan materi tentang program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting, peserta juga mendapatkan materi dan praktek secara langsung dari pakar komunikasi media dan pakar media sosial," jelasnya.

Maria Ernawati ingin para peserta kegiatan untuk mampu menerjemahkan bahasa program menjadi bahasa yang ringan dan mudah diterima masyarakat. “Saya punya harapan besar, bapak ibu sekalian bisa menjadi jembatan antara bahasa program menjadi bahasa lebih lugas dan lebih mudah dipahami masyarakat,” pesannya.

Selain itu, Kaper Maria Ernawati juga berharap, beredarnya hoaks, terutama tentang program Bangga Kencana menjadi tantangan tersendiri bagi para pengelola media sosial untuk melakukan konten balasan yang berguna untuk meluruskan informasi yang salah di masyarakat.

“Bapak/ibu bisa melakukan counter balance terhadap informasi yang salah/hoaks yang beredar dengan memakai bahasa positif dan halus, Pilih media yang tepat disesuaikan dengan local wisdom. Besar harapan kami anda bisa membuat konten yang kreatif, sehingga bisa menjadi daya ungkit terhadap capaian program Bangga Kencana dan tentunya Percepatan Penurunan Stunting,” pungkasnya. (her/hjr)

#bkkbn