Kamis, 6 Oktober 2022

Bimbingan Perencanaan TK Mikro Dorong Perluasan Kesempatan Kerja

Diunggah pada : 4 Agustus 2022 10:15:36 67
kadisnakertrans Himawan Estu Bagijo bersama peserta

Jatim Newsroom - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo, menyampaikan, bimbingan teknis (bimtek) perencanaan tenaga kerja mikro dilakukan guna mendorong upaya perluasan kesempatan kerja sesuai kompetensi yang dibutuhkan. 

"Sekarang ini orang yang punya kompetensi, bisa beradaptasi dan kolaborasi, dialah yang mampu memenangkan persaingan," katanya.
 
Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan pentingnya perencanaan tenaga kerja mikro dalam menata dan mengelola pegawai, agar menjadi kekuatan besar dan berdaya saing global. 

Untuk Lesson Learning aktivitas bimtek ini, kata Himawan, menjadi tugas utama Disnaker kab/kota dalam mengelola hubungan industrial dan sebagai frontline layanan publik. "Walau dukungan anggaran kecil namun melalui layanan ini bisa cek peluang dan lowongan kerja secara langsung," katanya.

Hingga kini, masalah ketenagakerjaan secara umum masih didominasi oleh tingginya angka pengangguran. Sementara secara umum karakteristik pencari kerja memiliki aspirasi yang lebih tinggi dan minat yang lebih kuat untuk bekerja di sektor formal.

Saat ini, data tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jawa Timur, sebagaimana dirilis dalam berita resmi statistik oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur per Februari 2022, tercatat sebesar 4,81%.
Melihat TPT yang demikian, maka sangat dibutuhkan sinergitas, kreativitas dan kerjasama yang lebih baik antar semua pihak untuk membuka kesempatan kerja baru serta melakukan upaya-upaya optimalisasi penempatan tenaga kerja dengan perencanaan yang baik dan sesuai. (her/s)

#disnakertrans