Selasa, 29 November 2022

Bersama Dinkes, KORMI Jatim Adakan Tes Kebugaran di Pasuruan

Diunggah pada : 5 Oktober 2022 12:48:29 21
Penggerakan Pembudayaan Aktivitas Fisik pada Kelompok Olahraga dan Penggunaan Sistem Informasi Kebugaran (SIPGAR), di Kabupaten Pasuruan.

Jatim Newsroom – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur bersama Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Timur dan Induk Organisasi Yayasan Asma Indonesia (YAI) menggelar penggerakan pembudayaan aktivitas fisik pada kelompok olahraga dan penggunaan Sistem Informasi Kebugaran (SIPGAR). Leading sector dari kegiatan ini adalah Kementerian Kesehatan yang bekerja sama dengan KORMI Nasional. 

Di Jawa Timur, kegiatan tersebut akan dilaksanakan di 5 (lima) lokasi, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kabupaten Sidoarjo. Kali pertama diadakan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Selasa (4/10/2022). 

“Kesehatan di era sekarang sangat penting. Kita harus meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan-gangguan kesehatan yang mungkin terjadi, baik yang sekarang maupun yang akan datang,” ujar Wakil Ketua III KORMI Jatim, Chusnur Ismiyati. 

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Ani Latifah dan Ketua YAI Pusat, Asdiar Bahtiar. Adapun peserta yang berpartisipasi adalah sebanyak lebih kurang 70 orang, yang terdiri dari 10 orang dari KORMI Kabupaten Pasuruan, 40 orang dari kelompok olahraga masyarakat, dan 20 orang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan. 

Peserta melaksanakan tes kebugaran rockport dengan aplikasi SIPGAR, kemudian tes kebugaran lari 1,6km dan tes jalan 6 menit, serta pencatatan dan pemeriksaan fisik post tes kebugaran. 

“Dari hasil tes tadi nanti di aplikasi SIPGAR langsung keluar hasilnya baik atau kurang. Kemudian ditindaklanjuti dengan pemberian konseling. Jadi nanti semua akan dites dan akan tahu kondisi kesehatan masing-masing, saya doakan bugar semuanya,” kata Kadis Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Ani Latifah. 

Dalam kesempatan ini, peserta juga diberikan edukasi berupa sosialisasi kebugaran jasmani mandiri melalui SIPGAR, aktivitas fisik secara Baik Benar Terukur dan Teratur (BBTT), dan gizi seimbang untuk optimalisasi imunitas kesehatan tubuh. (idc/n)

#KORMI Jatim #dinas kesehatan #SIPGAR