Kamis, 6 Oktober 2022

Bersama BPS Pusat dan Jatim, Kadis Hudiyono Bahas Satu Data di Mojokerto

Diunggah pada : 11 Juli 2022 18:02:58 173
Kadis Kominfo Jatim menghadiri kegiatan Kunjungan Kerja Deputi Metodologi dan Informasi Statistik BPS RI ke Kabupaten Mojokerto, Senin (11/7/2022)

Jatim Newsroom - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kadis Kominfo Jatim), Hudiyono menghadiri kegiatan Kunjungan Kerja Deputi Metodologi dan Informasi Statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Imam Machdi ke Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (11/7/2022). 

Forum ini digelar dalam rangka mengoptimalkan penyelenggaraan statistik sektoral dan Satu Data Indonesia (SDI) di Kabupaten Mojokerto.

Kadis Hudiyono menyampaikan, ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan merupakan hal penting karena akan menentukan pengambilan suatu perencanaan dan perumusan kebijakan. Apalagi, pemerintah harus bisa memberikan transparansi kepada masyarakat melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Satu Data. 

"Terima kasih karena Kabupaten Mojokerto sejalan dengan Provinsi Jawa Timur dalam menabuh genderang peduli data. Mudah-mudahan ini bisa menjadi Pilot Project dan pendorong untuk kabupaten/kota lain," ujar Hudiyono dalam forum yang digelar di Ruang Satya Bina Karya Pemerintah Kabupaten Mojokerto. 

Hudiyono menyadari bahwa untuk mewujudkan SDI di daerah yang berkualitas dan memenuhi prinsip-prinsip data itu membutuhkan waktu, infrastruktur, dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. 

"Untuk itu kami bekerja sama dengan pihak akademisi. Ada hampir 100 mahasiswa statistik ITS yang ditempatkan di masing-masing OPD Pemprov Jatim untuk membantu implementasi Satu Data Jatim," imbuhnya. 

Dalam kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Mojokerto menerima 2 (dua) Piagam Penghargaan dari BPS Jatim. Pertama, sebagai peringkat 1 Pengajuan Rekomendasi Kegiatan Statistik se-Jawa Timur Tahun 2021 dan Peringkat 2 Penyusunan Metadata Statistik Se-Jawa Timur Tahun 2021. 

"Kami berharap pelaksanaan Satu Data di Mojokerto bisa terwujud, tentunya dengan data statistik yang baik dan berkualitas," tutur Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan. 

Di akhir rangkaian acara, Bupati Mojokerto, Ikfina Fatmawati juga mengajak seluruh tamu undangan untuk mengunjungi Command Center Kabupaten Mojokerto. (idc/n)

 

#BPS #Kadis Kominfo Jatim #statistik #satu data