Kamis, 6 Oktober 2022

Berlomba di FORNAS VI, Pemandu Sorak Jatim Bawa Pulang 5 Medali

Diunggah pada : 3 Juli 2022 18:36:02 161
Kompetisi Pemandu Sorak Indonesia dalam FORNAS VI di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (3/7/2022)

Jatim Newsroom - Asosiasi Pemandu Sorak Indonesia (APSI) Provinsi Jawa Timur membawa pulang 5 (lima) medali dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (3/7/2022).

Medali tersebut antara lain 1 Emas kategori Team Cheer Level 2 All Girl, 2 Perak kategori Group Stunt Level 2 All Girl & Team Cheer Level 4 Coed, dan 2 Perunggu kategori Group Stunt Level 4 All Girl & Group Stunt Level 6 Coed. 

Jawa Timur mengirimkan 2 (dua) tim dengan total peserta sebanyak 33 orang yang mengikuti 8 (delapan) kategori kompetisi pemandu sorak (cheerleader) di FORNAS VI. 

Pelatih APSI Jatim, Noorman Andhika Yogaswara, menerangkan bahwa peserta dari Jawa Timur ada di rentang usia 12-30 tahun dari Kota Surabaya dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Hingga perlombaan dimulai, kesemuanya hadir dalam kondisi sehat. 

"Kami mendapat info awal di bulan Oktober 2021, dari situ kami sudah mulai bersiap. Namun, persiapan mulai dimatangkan sejak bulan April 2022 dengan pemain yang sudah fix," ujar Yoga saat ditemui di lokasi perlombaan, Gym Sekolah Harapan Palembang. 

Ia menjelaskan bahwa tim yang senior atau dewasa sudah pernah mengikuti kejuaraan tingkat nasional hingga Asia, sementara untuk tim yang junior baru pertama kalinya mengikuti kejuaraan. 

Sebagai informasi, pemandu sorak memadukan gerakan dinamis senam, tari, akrobatik, dan sorak-sorai untuk memberi semangat tim olahraga yang sedang bertanding, meneriakkan slogan atau sebagai olahraga yang diperlombakan secara kompetisi.

"Cheerleader sebetulnya termasuk olahraga ekstrem dan percampuran antara senam lantai dengan atraktif. Menjadi olahraga rekreasi karena ini masih konteksnya hobi, belum prestasi. Tapi insyaallah tahun ini sudah masuk ke olympic. Kami sudah mulai mendaftarkan ke International Olympic Committee atau IOC Indonesia. Semoga cheerleader semakin maju," terang Yoga.(idc/s)

#fornas #palembang #pemandu sorak #cheerleader