Sabtu, 20 April 2024

Berkat Medsos, PM ODGJ Binaan Pemprov Jatim Bertemu Keluarga Setelah 13 Tahun Terpisah

Diunggah pada : 10 Juni 2022 16:49:42 103
UPT RSBL Kediri Dinas Sosial (Dinsos) Jatim mempertemukan penerima manfaat (PM) dengan keluarganya yang telah terpisah selama 13 tahun.

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras (UPT RSBL) Kediri mempertemukan kembali penerima manfaat (PM) binaanya, dengan keluarganya setelah terpisah selama 13 tahun.

Pertemuan antara keluarga dan PM yang merupakan mantan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) pun berlangsung haru. Ibu PM tak kuasa menahan air matanya karena telah bertemu dengan putrinya yang telah hilang lebih dari satu dekade itu.

Keluarga menuturkan, selama 13 tahun ini mereka telah berupaya melakukan pencarian, namun belum membuahkan hasil. Hingga pada suatu hari, salah seorang anggota keluarga melihat akun media sosial (medsos) milik Dinsos Jatim yang di dalamnya mencantumkan UPT RSBL Kediri, salah satu UPT yang menangani permasalahan ODGJ. Kemudian, keluarga menemukan akun medsos UPT RSBL Kediri, yang di dalamnya juga mencantumkan alamat serta nomor kontak UPT. 

Keluarga akhirnya mencoba mendatangi UPT berdasarkan alamat yang tertera di dalam profil akun. Ternyata, anggota keluarga mereka yang telah dicari selama ini telah dirawat sebagai salah satu PM di UPT RSBL Kediri.

Menurut penuturan dari Ponijan, perwakilan keluarga PM yang beralamat di Desa Tempel, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, dirinya dan keluarga sangat berterima kasih serta bersyukur karena telah mengetahui keberadaan keluarganya dan mengetahui bahwa anggota keluarganya yang merupakan penderita ODGJ telah dirawat dengan baik di UPT.

Kepala UPT RSBL Kediri, Singgih Triwimbanu, melalui Kasi Pelayanan Sosial Muhamad Zusron Ansori, Jumat (10/6/2022) mengatakan, inilah salah satu manfaat penting medsos bagi instansi. Selain sebagai media promosi perihal visi dan misi serta pelayanan, juga sebagai media untuk mempertemukan PM dengan keluarga. (her/s)

#dinsos