Selasa, 23 Juli 2024

Bantu Promosikan Pariwisata, Dispar Kabupaten Pasuruan Gandeng Content Creator dan Influencer

Diunggah pada : 10 Juni 2024 21:49:11 42

Jatim Newsreoom – Guna membantu promosi pariwisata di Kabupaten Pasuruan, baik wisata alam, budaya, kuliner, religi maupun potensi desa-desa wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan menggandeng para content creator dan influencer Pasuruan, Senin (10/6/2024).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan, Agus Hari Wibawa, melalui Bachtiari Perihatin selaku Kabid Pemasaran Pariwisata mengatakan, para content creator maupun influencer memiliki pengaruh yang besar dalam menyebar luaskan informasi sehingga cepat diketahui oleh masyarakat.

Oleh sebab itu, dengan menggandeng content creator dan influencer, potensi pariwisata di Kabupaten Pasuruan dapat terexpose secara maksimal, meski tetap harus diback up oleh official media resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan maupun Pemkab Pasuruan.

"Mereka punya follower yang jumlahnya sampai ratusan ribu bahkan ada yang sampai jutaan pengikut. Inilah yang ingin kami harapkan dari mereka untuk bisa membantu mengungkit daya tarik wisata supaya semakin dikenal," katanya.

Dijelaskan Ari, upaya menggandeng para content creator maupun influencer merupakan bagian dari kolaborasi dan sinergitas Pemerintah Daerah, OPD dengan pihak lain. Utamanya sama-sama saling berimpact pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pasuruan.

"Karena Pemerintah tidak bisa jalan sendiri. Faktor keterbatasan anggaran dan SDM lah yang memang menjadi kendala sehingga pariwisata di Kabupaten Pasuruan hanya berjalan seperti biasanya," jelasnya.

Ke depan, Dinas Pariwisata bersama content creator serta influencer akan membuat beberapa project penting. Salah satunya Tourism Tour, yakni Tur Wisata dengan paket lengkap dari satu tempat ke tempat yang lain.

Kata Ari, para content creator diminta untuk memaksimalkan keahlian mereka dalam memposting sebuah tempat wisata. Sehingga objek wisata tersebut semakin dikenal luas.

"Mereka bisa ngetag tourism_pasuruan yang merupakan official resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan. Mereka ada content yang dibuat, dan objek wisata juga terbantukan, karena dipromosikan," tegasnya.

Sementara itu, Owner Media Sosial Seputar Pasuruan, Mochammad Umar berterima kasih kepada Dispar Kabupaten Pasuruan yang telah mengundang para pelaku media sosial untuk memberikan kontribusi pada pengembangan pariwisata.

"Harapannya kita terus bersinergi untuk memperkenalkan wisata di Kabupaten Pasuruan, karena saking banyaknya sampai tidak sedikit orang yang belum mengetahui potensi pariwisata di Kabupaten Pasuruan itu seperti apa," jelasnya. (yan/s)

#kabupaten pasuruan