Selasa, 23 April 2024

Bantu Akses Pembangunan Desa, Ketua IPSM Banyuwangi Bergabung dalam PMPD Karangsari

Diunggah pada : 6 Juni 2022 9:26:32 64

Jatim Newsroom - Peran penting relawan sosial telah dirasakan oleh masyarakat. Baik secara langsung maupun tidak langsung, keberadaan relawan sosial mampu memberikan rasa nyaman dan manfaat kepada masyarakat. Adapun sebagai optimalisasi peran relawan, lintas tokoh masyarakat di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Banyuwangi membentuk Paguyuban Masyarakat Peduli Desa (PMPD).

Ketua paguyuban terpilih secara aklamasi, Sutrisno Edy, mengatakan, pertemuan lintas tokoh ini melibatkan 25 tokoh masyarakat antar dusun dan relawan sosial Kampung Siaga Bencana (KSB), Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan pekerja sosial masyarakat (PSM) yang ada di Desa Karangsari.

“Tujuan utama adalah membantu akses pembangunan desa melalui kemitraan atau jejaring kerja. Kedua, mendorong optimalisi relawan sosial dalam peran membantu pemerintah desa,” tuturnya, Senin (6/6/2022).

Lebih lanjut Sutrisno Edy, menyampaikan, meskipun sudah ada Tagana, PSM, Pensosmas, dan KSB, namun menurutnya tetap perlu pembauran dengan masyarakat sehingga bisa merekam, mendengar, bahkan melihat secara langsung permasalahan sosial masyarakat.

“Manfaat sebagai relawan sosial lebih semakin dekat dengan masyarakat, apalagi sekarang tergabung dalam PMPD. Paguyuban ini akan semakin bermanfaat karena bisa urun rembug ide dan gagasan pembangunan. InshaAllah nanti perwakilan paguyuban akan ada yang dikirim ke Jakarta untuk akses program pembangunan desa,” jelas Sutrisno Edy.(her/s)

#dinsos