Sabtu, 20 April 2024

Bank Jatim Terus Tunjukkan Pertumbuhan Positif di Triwulan Satu

Diunggah pada : 20 April 2022 18:40:43 444
Direktur Utama bankjatim Busrul Iman (tengah)

Jatim Newsroom - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim melaksanakan analyst meeting guna memaparkan kinerja keuangan Triwulan I. Mengawali tahun 2022, bankjatim mampu mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Bertempat di Hotel Raffles Jakarta, analyst meeting dipaparkan langsung oleh Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman, bersama dengan Direktur Komersial & Korporasi, Edi Masrianto, dan Direktur Konsumer Ritel & Usaha Syariah bankjatim, R Arief Wicaksono. 

Direktur Utama bankjatim, Busrul Iman, pada siaran persnya, Rabu (20/4/2022) mengatakan, kinerja keuangan bankjatim di Triwulan I 2022 yang menunjukkan performa positif dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Jika dibandingkan dengan kinerja industri perbankan secara nasional dan regional Jawa Timur, pertumbuhan kinerja bankjatim berada diatas pertumbuhan rata rata.

Bankjatim tetap mempertahankan asetnya di atas seratus triliun di Triwulan I dengan mencatatkan aset sebesar Rp. 105,65 Triliun dan tumbuh 17,85%, sedangkan laba bersih bankjatim tercatat Rp. 454 Miliar atau tumbuh 1,22% (YoY). Pencapaian tersebut didukung oleh pertumbuhan variabel seperti Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim yang mencatatkan pertumbuhan 20,07% (YoY) yaitu sebesar Rp. 91,36 triliun. Pertumbuhan dana pihak ketiga yang signifikan tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat kepada bankjatim meningkat.

Dari sisi pembiayaan, bankjatim mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 1,38% (YoY) atau sebesar Rp. 42,31 Triliun. Kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang pertumbuhan tertinggi yaitu sebesar 8,44% (YoY) atau tercatat 7,58 Triliun. Komposisi rasio keuangan bankjatim periode Maret 2022 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 22,07 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,08 %, dan Return On Asset (ROA) 2,31 %.

Di tahun ini bankjatim terus berusaha mengembangkan layanan digital banking untuk mempermudah nasabah dan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan. Peningkatan layanan digital banking menjadi concern bankjatim seiring dengan peningkatan transaksi maupun jumlah user JConnect Mobile dan JConnect Internet Banking. Tingkat keamanan transaksi perbankan juga tak luput jadi salah satu fokus bankjatim agar nasabah tetap merasa aman dan nyaman. Sebagai bentuk keseriusan dalam mengatasi keamanan / security digital banking, pada triwulan satu bankjatim melakukan kerjasama dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dalam rangka memperkuat security data nasabah bankjatim khususnya pada aplikasi JConnect Mobile.

Selain kinerja TW I yang positif serta fokus bankjatim dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan nasabah, selama Triwulan I, bankjatim juga telah memborong penghargaan demi penghargaan yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. Total sebanyak 11 titel penghargaan yang sukses dibawa pulang oleh bankjatim.

Di bidang kehumasan, bankjatim berhasil meraih penghargaan di tiga ajang penghargaan yang berbeda yaitu dalam ajang IPRA, PR Indonesia Award serta Beritajatim Award. Dalam ajang tersebut, bankjatim masing-masing mendapatkan penghargaan kategori Impact for The Better Future, Media Cetak terpopuler dan aplikasi perbankan terbaik kategori BUMD, Media Sosial terbaik BUMD serta Website terbaik BUMD.

Pada bidang inovasi dan layanan, bankjatim berhasil meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Best BUMD Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi, kali ini inovasi dan layanan bankjatim diapresiasi dalam bentuk penghargaan Indonesia Best BUMD Awards 2022 On Developing Comprehensive Banking Service Kategori BPD.

Tak kalah prestisius, bankjatim juga meraih penghargaan di bidang digital dalam ajang Digital Innovation Award 2022 yang diselenggarakan oleh MNC Network. Pada ajang kali ini bankjatim meraih penghargaan kategori Digital Innovation For Suistainable business aplikasi JConnect Mobile

Seakan tak ingin kalah dengan konvensional, bankjatim Unit Usaha Syariah (UUS) juga meraih penghargaan dengan menyabet kategori Best Sharia Unit Bank dalam ajang Indonesia Syariah Awards 2022, penghargaan ini seakan menegaskan bahwa pertumbuhan UUS bankjatim terus meningkat selama 2 (dua) tahun terakhir.

Sedangkan di bidang Human Resources (HR) bankjatim berhasil meraih penghargaan dengan kategori The Best HR Management For The Outstanding Exceptional and Comprehensive Development Program to Elevate The Quality of HR yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi. Last but not least, bankjatim berhasil meraih penghargan dalam 2 kategori yaitu, TOP CSR Award 2022 #Stars 5 dan TOP Leader on CSR Commitment 2022 atas nama Busrul Iman selaku Direktur Utama.(ern/s)

#Jawa Timur #bankjatim