Minggu, 29 Januari 2023

Bank Indonesia: Optimisme Konsumen Terus Menguat

Diunggah pada : 9 Juni 2022 12:48:59 84
Pembeli memenuhi salah gerai pusat perbelanjaan.

Jatim Newsroom- Rilis hasil Survei Konsumen Bank Indonesia bulan Mei 2022 menyebutkan, optimisme terhadap kondisi ekonomi terus menguat. Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2022 sebesar 128,9, lebih tinggi dari 113,1 pada bulan sebelumnya.

Kepala Departemen Komunikasi bank Indonesia, Erwin Haryono, Kamis (09/06/2022) menerangkan, peningkatan IKK terpantau pada seluruh kategori pengeluaran, usia, dan tingkat pendidikan responden. Secara spasial, peningkatan IKK terjadi di hampir seluruh kota cakupan survei, dengan yang tertinggi di kota Bandung, diikuti kota Pangkal Pinang dan Mataram.

Keyakinan konsumen pada Mei 2022 yang menguat didorong oleh meningkatnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini. Peningkatan tersebut terjadi pada persepsi terhadap penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama (durable goods).

“Penguatan keyakinan konsumen pada Mei 2022 juga didorong oleh meningkatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan, terutama ekspektasi terhadap kondisi usaha ke depan,” katanya.

Persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dibandingkan enam bulan yang lalu meningkat pada Mei 2022, dimana kenaikan terjadi pada seluruh seluruh kelompok pengeluaran responden, tertinggi pada responden dengan tingkat pengeluaran >Rp5 juta per bulan. Berdasarkan kelompok usia, pada Mei 2022, Indeks Penghasilan saat ini juga terindikasi meningkat pada seluruh kategori usia responden.

Pada Mei 2022, optimisme responden terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan juga meningkat. Hal ini tercermin dari Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja Mei 2022 yang tercatat 113,7 atau meningkat 17,8 poin dari bulan sebelumnya. Kenaikan indeks terjadi pada mayoritas kelompok pendidikan, terutama pada responden dengan pendidikan sarjana. Menurut usia, peningkatan indeks juga terindikasi meningkat pada seluruh kelompok usia responden.

Sejalan dengan meningkatnya persepsi konsumen terhadap pendapatan dan ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini pada Mei 2022, optimisme responden untuk membeli barang tahan lama (durable goods) juga meningkat. Indeks Pembelian Barang Tahan Lama (durable goods) terpantau meningkat pada seluruh tingkat pengeluaran responden dimana kenaikan tertinggi terjadi pada responden dengan pengeluaran >Rp5 juta per bulan.  (jal/hjr)

#bankindonesia #BI