Senin, 28 November 2022

Bangun Komunikasi dan Kerja Sama, UPT RSBG Ajak PM Bermain Modifikasi Puzzle Tali

Diunggah pada : 20 Juni 2022 13:00:12 45
seluruh PM Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (UPT RSBG) Tuban sedang melakukan permainanan

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (UPT RSBG) Dinas Sosial (Dinsos) Jatim di Tuban mengajak seluruh penerima manfaat (PM) putra dan putri secara bergantian melakukan permainan memodifikasi puzzle dan tali rafia.

Kepala UPT RSBG Tuban, Teguh Setyawan, melalui Rizky Masykuriah selaku psikoanalis, Senin (20/6/2022) menyampaikan, beberapa tujuan dari permainan ini, di antaranya untuk melatih motorik halus dan kasar, melatih konsentrasi, melatih kelincahan, melatih komunikasi dan interaksi sosial, serta melatih kerja sama antar PM. 

"Apa yang sudah diberikan kepada PM melalui permainan ini semoga bisa dilanjutkan oleh rekan-rekan lainnya, atau pun jika ada ide lain dapat dimodifikasi dengan menggunakan model atau alat bantu lainnya," ucapnya.

Permainan ini dibagi dalam dua regu dengan anggota tiga orang pada setiap regunya, sedangkan jalannya permainan dipandu oleh psikoanalis, pendamping dari Seksi Pelayanan serta Pekerja Sosial. Permainan ditargetkan pada PM yang pasif dan lambat dengan adanya kesulitan konsentrasi atau kurang fokus serta hambatan dalam komunikasi dan interaksi sosial.

Setiap anggota regu permainan mempunyai peran yang berbeda, satu orang berdiri memegang ujung tali yang berperan memasukkan tali ke lubang puzzle, satu orang memegang ujung tali di arah yang berlawanan sebagai penerima puzzle, dan satu orang lain berdiri di antara dua temannya dengan peran sebagai pengantar.

Masing-masing regu mendapat dua macam warna puzzle yang berbeda, dengan tujuan sekaligus untuk melatih PM untuk mengenali, memilah dan mengelompokkan puzzle berdasarkan warnanya. Regu yang paling cepat memindahkan puzzle melalui tali dinyatakan sebagai pemenang permainan.(her/s)

 

#dinsos