Jumat, 26 April 2024

Balai PRS PMKS Sidoarjo Pamerkan Produk Handycraft

Diunggah pada : 12 Mei 2022 21:05:29 118
Balai PRS PMKS Sidoarjo Dinsos Jatim Pamerkan Produk Handycraft

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim melalui Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial (PRS) Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo memamerkan produk kerajinan tangan atau handycraft karya penerima manfaat (PM) dalam Kurasi Produk yang diadakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Provinsi Jatim.

Bertempat di ruang Aria Wiriaatmadja Diskop UKM Provinsi Jatim, Balai PRS PMKS Sidoarjo diwakili oleh Kriesnanik dan Wulan serta didampingi oleh instruktur handycraft, Catherine mengenalkan produk yang dihasilkan oleh PM. Produk yang dipamerkan terdiri dari totebag, dompet, dan panel yang dihias oleh hasil sulam benang para PM. Tidak ketinggalan kain batik ciprat yang juga hasil dari proses pengerjakan PM yang dibimbing oleh instruktur handycraft.

Banyak pengunjung yang melirik hasil karya para PM Balai PRS PMKS Sidoarjo, termasuk Kepala Diskop UKM Provinsi Jatim, Dr Andromeda Qomariah MM. Produk PM Balai PRS PMKS Sidoarjo ini juga mendapatkan apresiasi positif karena berhasil menunjukkan bahwa Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) pun bisa berkarya. Dari event tersebut, Balai PRS PMKS Sidoarjo berhasil menjual batik ciprat bebas 3 lembar, totebag 3 buah, serta dompet 1 buah.

Kepala Balai PRS PMKS Sidoarjo Muhammad Tabrani SH MH, Kamis (12/5/2022) mengatakan  Balai PRS PMKS Sidoarjo sangat antusias terhadap kegiatan ini. Karena handycraft yang dihasilkan berasal dari tangan-tangan ODGJ yang mampu berekspresi.

“Kami sangat senang bisa memerkan produk handycraft dari PM kami yang sebagian besar dihasilkan oleh PM dengan jenis PMKS ODGJ. Setiap sulaman benang mereka didampingi dan diarahkan oleh instruktur handycraft dan tim dari Seksi Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial,”ungkapnya.

Tabrani berharap dengan adanya Balai PRS PMKS Sidoarjo mengikuti pameran, maka handycraft karya para PM semakin dikenal oleh masyarakat. “Semoga untuk ke depannya akan ada kesempatan lain untuk mengenalkan hasil karya dari Balai PRS PMKS Sidoarjo,” harapnya. (her/s)

#dinsos #Jawa Timur