Senin, 24 Juni 2024

Bahas Warganya, Konsul Jepang Temui Kakanwil Kemenkumham Jatim

Diunggah pada : 31 Mei 2022 20:59:46 111

Jatim Newsroom – Kolaborasi dengan berbagai pihak terus dibangun oleh Kanwil Kemenkumham Jatim, salah satunya dengan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya. Konsul Jenderal Jepang Mr. Takeyama Kenichi yang hadir bersama Mr. Ishii, Mr Akai dan Defit Tri H, ditemui Kakanwil Kemenkumham Jatim, Zaeroji, yang didampingi Kadiv Imigrasi Hendro Tri Prasetyo, Selasa (31/5/2022).

Takeyama menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi. Pertemuan tersebut dimaksudkan juga untuk menyampaikan informasi terkait warga negara jepang yang berada di Jawa Timur. “Jumlahnya tersebar di Jatim, tapi paling banyak di Surabaya,” ujar pria yang fasih berbahas Indonesia tersebut. 

Dia menuturkan bahwa sampai saat ini tidak mengalami kendala dalam memantau keberadaan warga negaranya. Takeyama juga mengatakan bahwa dirinya telah berkunjung ke beberapa kantor imigrasi di Jawa Timur. “Saya senang karena kami diterima dengan baik di kantor imigrasi,” jelasnya. 

Pria berusia 61 tahun tersebut menyatakan bahwa berdasar data yang dimilikinya, warga negara Jepang yang berada di Jawa Timur taat akan aturan yang berlaku. “Tidak ada yang terlibat masalah dengan hukum ataupun kriminal,” ujarnya. 

Kakanwil Zaeroji mengucapkan terima kasih atas kunjungan tersebut. Dia sendiri mengakui bahwa warga negara Jepang rata-rata adalah orang yang taat aturan hukum. “Mereka yang datang ke Indonesia sangat memahami dan mengerti akan aturan yang berlaku,” tukasnya. 

Untuk memberikan pemahaman yang semakin baik tentang aturan hukum ataupun keimigrasian, ke depan akan digelar gathering yang akan mengundang konsulat negara asing yang berada di Surabaya. “Dengan demikian akan semakin paham aturan yang berlaku di Indonesia, apa saja yang diperbolehkan dan tidak,” tegasnya. (sug/s)

#Kanwil Kemenkumham Jatim