Sabtu, 30 Maret 2024

APS Usia 7-12 Tahun di Kabupaten/Kota se-Jatim di Atas 98%

Diunggah pada : 1 Desember 2022 17:24:03 117
Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Capaian Angka Partisipasi Sekolah (APS) masing-masing kabupaten/kota di wilayah Jawa Timur sangat beragam. Secara umum capaian APS pada kelompok usia 7-12 tahun kabupaten/kota sudah di atas 98 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur, Dadang Hardiwan menerangkan bahwa kondisi ini menunjukkan bahwa sebagian besar penduduk kelompok usia 7-12 tahun di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur hampir seluruhnya sudah mengakses pendidikan.

Melansir laman resmi BPS Jatim dalam Laporan Statistik Pendidikan Provinsi Jawa Timur 2021 pada tanggal 1 Desember 2022, tercatat bahwa Jawa Timur memiliki 38 kabupaten/kota dengan karakteristik penduduk yang beraneka ragam.

Kendati demikian capaian APS di masing-masing kabupaten/kota pada setiap kelompok usianya relatif sama antar wilayah yang berdekatan dan memiliki karakterteristik yang sejenis, khususnya di kelompok usia 7-12 tahun.

Upaya peningkatan pendidikan dasar dan menengah bagi penduduk Jawa Timur melalui program wajib belajar berhasil mendorong peningkatan APS pada setiap jenjang kelompok usia sekolah.

“Upaya tersebut diperkuat dengan program prioritas Pemerintah Provinsi Jawa Timur di bidang pendidikan lainnya seperti program pendidikan usia dini, peningkatan mutu pendidikan dan tenaga pendidik, serta program rencana jangka panjang dengan merintis wajib belajar 15 tahun,” kata Dadang. (idc/n)

#pendidikan #BPS Jatim #angka partisipasi sekolah