Senin, 22 Juli 2024

Apel Siaga dan Capacity Building, Gubernur Khofifah Beri Motivasi TKSK Prov Jatim

Diunggah pada : 3 Maret 2023 9:54:29 53
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kadis Sosial Alwi foto bersama dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memberikan motivasi dan apresiasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) saat Apel Siaga dan Capacity Building di Cemara Ballroom Malang, Kamis (2/3/2023) malam.

"Kawan-kawan TKSK yang hebat dan luar biasa, mudah-mudahan hasil dari kerja semuanya akan menjadi bagian prioritas calon penghuni surga. Malam ini saya mengajak kita semua membangun persepsi tentang layanan sosial dan bagaimana kemudian Allah memberikan penghargaan pada mereka yang membangun kesholehan," tuturnya.

Dalam giat tersebut, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa kinerja TKSK Prov Jatim selama ini sangat luar biasa, terutama dengan penjangkauan layanan sehingga terbantu kolektifitasnya bersama jajaran Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

“Seperti dalam referensi Al Quran, keseimbangan amal soleh menjadi bagian yang sangat penting dalam kesalehan sosial. Yakinlah keikhlasan yang TKSK berikan, maka Insya Allah malaikat akan mencatat dan menjadi pengantar masuk ke surga, ” tuturnya.

Kembali disampaikannya, TKSK hadir dalam memberikan penjangkauan dari banyak hal yang belum tersapa oleh pemerintah, baik daerah maupun provinsi. “Kita ingin maksimal penjaringan bagi mereka yang perlu terlayani, dengan dibantu kolektifitas dengan jajaran Dinsos melalui TKSK, ” katanya.

Ia mencontohkan, jika ada masalah yang dialami masyarakat yang jauh dari jangkauan, maka jejaring seperti TKSK selalu membantu melayani. “Saya memberikan arahan, dan dalam waktu dua jam mereka sudah ada di lapangan. Artinya saya sudah nerasakan kecepatan penjangkauan dalam memberikan layanan kesejahteran sosial melalui TKSK ini. Mereka luar biasa dalam memberikan layanan, ” ungkapnya.

Kepala Dinsos Prov Jatim, Dr Alwi MHum, menyampaikan, giat Capacity Building TKSK Prov Jatim ini merupakan upaya meningkatkan motivasi, semangat, partisipasi dan kapasitas TKSK sebagai salah satu Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di wilayah Kecamatan penugasan agar dapat memiliki kemampuan dan kecakapan dalam penanganan permasalahan sosial serta pendampingan kepada PPKS.

Lebih lanjut dikatakan Alwi, terlaksananya kegiatan peningkatan kapasitas bagi TKSK ini bekerja sama dengan Kodam V Brawijaya, Perguruan Tinggi dan Baznas sebagai upaya meningkatnya motivasi, kedisiplinan dan etos kerja TKSK dalam membantu Pemerintah yaitu penanganan permasalahan sosial serta pendampingan kepada PPKS.

“Ada perbedaan dari tahun sebelumnya untuk peningkatan kapasitas TKSK tahun ini yaitu dari fisik menjadi non fisik, karena pengiasaan non fisik sangat diperlukan. Dan kali ini sangat istimewa karena dihadiri Ibu Gubernur Jatim, ” katanya.

Ia berharap, kiprah TKSK semakin meningkat juga senakin profeesional, sehingga semakin banyak permasalahan sosial tertangani dan menbantu kehidupan kemasyarakatan di Jatim.(her/s)

#gubernur