Kamis, 25 April 2024

Antisipasi Krisis Dunia. DPRD Jatim Harap Pemprov Perhatian ke UMKM dan Pertanian

Diunggah pada : 20 Maret 2023 9:28:52 15
Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, M Fawait

Jatim Newsroom - Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, M Fawait berharap dan meminta kepada pemerintah provinsi Jawa Timur memberikan bantuan kepada pelaku sektor tetap memberikan perhatian kepada sektor UMKM, sektor informal dan pertanian. Hal ini dilakukan untuk mengantipasi ancaman krisis global baik moneter, pangan dan energi juga sudah diingatkan Presiden RI Joko Widodo dalam berbagai kesempatan. Sebab Indonesia juga tak ingin mengulang masa kelam seperti Tahun 1998 dan 2008 silam.

Menurut Fawait yang juga ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim, kolapnya bank bank ternama di AS itu membuat orang sedunia kaget. Apalagi beberapa perusahaan internasional yang menjadi nasabah ketiga bank tersebut juga ikut gulung tikar. “Kita tahu, ekonomi Amerika Serikat merupakan ekonomi terkuat di dunia. Dengan sistem ekonomi terbuka, negara lain yang menjalin hubungan dagang ekspor – impor dengan AS juga ikut terguncang. Ini bisa dilihat di Argentina dimana inflasi di negara ini sudah 100 persen kenaikkannya,” jelasnya dikonfirmasi, Senin (20/3/2023).

Lebih jauh Presiden LSN (Laskar Santri Nusantara) menjelaskan, bahwa perekonomian Indonesia saat krismon 1998 dan 2008 bisa  terselamatkan oleh sektor UMKM, sektor informal dan pertanian. Modal jumlah penduduk Indonesia yang besar sebagai sumber daya pembeli yang melimpah membuat UMKM bisa bertahan menghadapi krismon. Bahkan saat terjadi pandemo covid-19 yang relatif aman dan biaa bertahan adalah sektor  UMKM, informal dan pertanian.

“Kita lakukan terobosan di Jatim pasti berdampak pada Indonesia. Sebaliknya jika perekonomian Jatim jatuh pasti berdampak pada perekonomian nasional, ” jelas Gus Fawait sapaan akrabnya M. Fawait.

Terobosan maupun inovasi mendongkrak perekonomian melalui sektor UMKM, informal dan pertanian bisa dilakukan Pemprov Jatim melalui politik anggaran pada P-APBD Jatim 2023 dan memberi kredit lunak bank plat merah milik Pemprov Jatim. “Apalagi sebentar lagi memasuki bulan ramadhan dan lebaran Idul Fitri maka putaran ekonomi bisa di antisipasi akan kenaikan inflasi,”pungkas Fawait politikus asal Jember ini. (pca/hjr)

#dprd jatim