Selasa, 16 April 2024

Antisipasi Inflasi Selama Ramadhan. Gus Fawait : Modifikasi Operasi Pasar di Jatim Libatkan UMKM

Diunggah pada : 14 Maret 2023 9:59:22 17
Anggota DPRD Jatim, M. Fawait (pca)

Jatim Newsroom - Jelang datangnya bulan suci Ramadhan dilanjut Hari Raya Idul Fitri 1444 H,  ada kecenderungan angka inflasi cenderung  naik. Oleh karena itu Anggota DPRD Jatim, M Fawait meminta kepada pemerintah provinsi untuk segera mengantispasi inflasi tersebut dengan menggelar operasi pasar di sejumlah titik.

M.Fawait yang juga ketua fraksi Gerindra Jatim ini, berharap operasi pasar yang dilakukan pemerintah bisa menggandeng UMKM produsen kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat. “Modifikasi operasi pasar ini diperlukan agar sekali dayung satu dua pulau terlampaui. Harapan kita itu, satu sisi operasi pasar itu bisa antisipasi inflasi. Yang kedua, bisa memberdayakan UMKM dimana ujungnya bisa mengentaskan kemiskinan,” tutur Gus Fawait sapaan akrabnya Fawait dikonfirmasi, Selasa (14/3/2023).

Modifikasi operasi pasar, juga bisa diperluas dengan bersinergi dengan kabupaten/kota melalui kegiatan semacam Bazar di Alun-Alun atau di tempat-temoat keramaian jelang waktu buka puasa atau untuk mengisi waktu ngabuburit. “Kalau mau lebih efektif dan lebih mengena serta lebih massif ya saya kira memang diperlukan modifikasi operasi pasar. Selama ini operasi pasar itu khan hanya bawa truk lalu ditaruh dimana dan jualan disitu. Kalau melibatkan UMKM, tentu bisa dua persoalan terselesaikan dengan baik,”katanya Fawait yang juga anggota komisi C DPRD Jatim.

Sebagaimana diketahui bersama, sebelumnya, BPS mengimbau pemerintah untuk mengantisipasi kenaikan inflasi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Secara musiman, hari besar keagamaan nasional menjadi salah satu faktor pendorong naiknya inflasi.

“Bahan makanan, minuman, serta transportasi akan menjadi kelompok komoditas yang memberikan dampak kepada inflasi di bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Jadi mungkin ini yang perlu kita waspadai bersama,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah pada Senin (13/3/2023). (Pca/hjr)

#dprd jatim