Kamis, 28 Maret 2024

Anggota DPRD Jatim Noer Soetjipto Bantu Korban Bencana Longsor Trenggalek

Diunggah pada : 17 Februari 2023 13:10:52 146
Anggota DPRD Jatim, Noer Soetjipto bersama Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad memberikan bantuan korban longsor Trenggalek

Jatim Newsroom - Anggota DPRD Jawa Timur, Noer Soetjipto mengirimkan bantuan untuk korban longsor di Trenggalek beberapa waktu lalu. Pria yang juga politisi asal fraksi Gerindra ini menyerahkan sejumlah bantuan untuk meringankan korban longsor di wilayah tersebut bersama wakil ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad.

Noer Seoetjipto pria asli Trenggalek ini mengatakan bantuan tersebut sebagai bentuk komitmen kemanusiaan terhadap warga Trenggalek dan sekitarnya yang mengalami bencana.

"Cuaca ekstrem di sejumlah daerah di Jawa Timur salah satunya di Trenggalek perlu menjadi perhatian khusus. Pasalnya, di Trenggalek dan sekitarnya sudah sering dilanda bencana sehingga saya berharap Pemprov memperhatikan tersebut," katanya dikonfirmasi, Jumat (17/2/2023).

Ada sejumlah permintaan warga, lanjut Noer Soetjipto untuk warga yang ada di daerah pengungsian diantaranya pemenuhan air bersih dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari." Untuk pemenuhan air bersih diharapkan Pemprov segera mengirimkan bantuan tersebut,"jelasnya.

Selain itu, lanjut Noer Soetjipto yang terpenting adalah bagaimana caranya membantu masyarakat korban bencana pasca bencana berakhir. "Yang perlu dipikirkan pasca bencana ini. Bagaimana caranya yang terpenting upaya Pemprov untuk menekan seminim mungkin agar kerugian masyarakat tak besar saat ada bencana lagi,”pungkasnya.

Seperti diketahui, Hujan deras dengan intensitas tinggi selama beberapa hari terakhir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menyebabkan terjadinya bencana tanah longsor di sejumlah wilayah. Longsor terpantau ada di sejumlah tempat di Trenggalek diantaranya Kecamatan Suruh, Munjungan, Dongko serta Panggul.

Longsor pertama, terjadi pada Rabu dinihari sekitar pukul 02.00 WIB di Desa Nglebo Kecamatan Suruh. Saat itu, tebing sepanjang delapan meter dan tinggi sekitar empat meter longsor dan berdampak pada dua rumah warga di bawahnya. Tak berselisih lama, longsor dilaporkan juga terjadi di sejumlah titik di wilayah Kecamatan Panggul. Salah satunya di Desa Ngrencak, tepatnya di RT 25/RW 10 Dusun Kasihan menyebabkan akses utama dari Kecamatan Dongko menuju Kecamatan Panggul tertutup material longsor.

Wilayah Panggul lainnya juga mengalami longsor dimana membuat rumah warga di RT 10/RW 04 Dusun Belang Desa Tangkil jebol setelah tebing setinggi tiga meter dengan panjang enam meter longsor usai hujan deras.

Merujuk prakiraan cuaca yang dirilis Stasiun Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Juanda, Trenggalek menjadi salah satu daerah yang masuk wilayah pemetaan potensi cuaca ekstrem mulai tanggal 11 hingga 17 Februari. Cuaca ekstrem itu berpotensi memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir genangan hingga bandang, pohon tumbang dan tanah longsor. (Pca/jhjr)

#dprd jatim